Sukses

Potret Mudik Lebaran di Pelabuhan Batu Ampar Batam, Bongkar Muat Barang Jadi Satu Sama Penumpang

Pemudik Lebaran Idul Fitri 2023 mengeluhkan pelayanan dan fasilitas Pelabuhan Batu Ampar Batam yang tidak maksimal.

 

Liputan6.com, Batam - Pemudik Lebaran Idul Fitri 2023 mengeluhkan pelayanan dan fasilitas Pelabuhan Batu Ampar Batam yang tidak maksimal. Pemudik juga mengeluhkan cara kerja porter pelabuhan yang cenderung memaksa penumpang menggunakan jasanya.

Anisa, seorang pemudik rute Batam-Medan mengeluhkan porter Pelabuhan Batu Ampar yang menyerobot dan memaksakan diri membawa barang bawaannya. 

"Bikin resah, saya jujur terganggu sama porter, jendela mobil diketuk-ketuk dipaksa buka bagasi," katanya kepada Liputan6.com, Rabu (19/4/2023).

Anisa berharap operator pelabuhan mau mengatur para porter agar tidak membuat resah pemudik Lebaran. "Kalau pun mau bantu, jangan memaksa, kalau penumpang risih bisa jadi keributan," katanya.

Hal yang sama juga diutarakan Andra, pemudik lebaran lainnya. Selain porter yang tidak diatur, Andra juga merasa kecewa dengan pelayanan dan fasilitas Pelabuhan Batu Ampar yang menurutnya kurang tertata dengan baik, apalagi di musim mudik Lebaran seperti ini.

"Cuaca panas, debu membuat saya tak tahan menunggu di tambah aksi porter, mudah-mudahan tidak ada penundaan ke berangkatan kapal," kata Andra.

Terkait hal itu, Ombudsman Kepri Adi Permana mengatakan, Pelabuhan Batu Ampar Batam memang tidak layak digunakan sebagai pelabuhan penumpang, apalagi di momen mudik Lebaran. Hal itu diutarakannya saat meninjau sarana dan prasarana Pelabuhan Batu Ampar.

Menurutnya Pelabuhan Batu Ampar belum layak menjadi pelabuhan penumpang kapal Pelni karena belum memenuhi standar pelabuhan. 

"Ketersediaan ruang tunggu, kurangnya informasi atau tanda arah jalur khusus penumpang menuju kapal, serta kurangnya posko kesehatan, ini harus dievaluasi," kata Adi permana.

 

2 dari 2 halaman

Pelabuhan Bongkar Muat

Pelabuhan Batu Ampar Batam sendiri memang selama ini dikenal sebagai pelabuhan bongkar muat, bukan untuk pelabuhan penumpang.

Meski demikian, Kepala Operator Pelabuhan Batu Ampar Batam Tuyono mengaku, pihaknya sudah maksimal memberikan pelayanan kepada para pemudik Lebaran.

"Kami sudah memberikan layanan terbaik bagi penumpang, namun kondisinya memang seperti ini," kata Tuhyono.

Tuhyono sendiri mengatakan, tiket kapal penumpang hingga H-3 Lebaran Idul Fitri 2023 sudah terjual 1.926 tiket, dan ada penambahan tiket yang totalnya 2.742 tiket. Pantauan di lokasi, pemudik Lebaran masih terus berdatangan untuk mudik Lebaran ke kampung halaman. Diprediksi puncaknya akan terjadi pada H-2 Lebaran.