Sukses

Inovasi Teknologi HRIS Indonesia Betot Perhatian di Pameran Hannover Messe 2023

Zemangat, menjadi salah satu contoh dari 21 perusahaan yang terpilih oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia untuk mewakili Indonesia di Hannover Messe 2023 berkat solusi teknologi HRIS.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi industri sebenarnya tidak harus berfokus kepada pemanfaatan mesin dan komputer untuk memecahkan masalah peradaban. Pengelolaan sumber daya manusia juga menjadi salah satu penerapan yang kini menjadi isu penting, karena bagaimanapun selalu ada faktor manusia di balik pemanfaatan teknologi apapun, khususnya di bidang perindustrian.

Pelajaran itulah yang salah satunya bisa dipetik dari Pameran Hannover Messe 2023 di Jerman, yang pada tanggal 16 April 2023 lalu resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Zemangat, misalnya menjadi salah satu contoh dari 21 perusahaan yang terpilih oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia untuk mewakili Indonesia karena inovasinya dalam mengembangkan solusi teknologi HRIS, yaitu sebuah sistem pengelolaan sumber daya manusia di segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menghasilkan performa yang maksimal, dari manajemen kehadiran, pengelolaan cuti dan izin, hingga proses penggajian yang fleksibel.

Walaupun terlihat sederhana, namun pelibatan solusi teknologi informasi terbukti mampu mendorong performa usaha.

“Saya meyakini bahwa, sistem HRIS adalah alat yang ampuh yang akan menguntungkan bisnis karena dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas tim SDM. Sistem tersebut berbasis web atau cloud, di mana user seperti para leader di berbagai lini dan tim SDM akan dapat mengakses sistem dari mana pun mereka berada," tutur Muhammad Ramadhan, SE. MM, seorang praktisi SDM yang juga berprofesi sebagai dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

"Lebih jauh lagi, tim SDM akan memiliki lebih banyak waktu untuk berkontribusi di area yang lebih strategis dan memberikan problem-solving, dalam membantu organisasi mewujudkan potensi sumber daya manusianya serta mencapai sasaran bisnisnya,” imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi HRIS

"Kami sangat bangga dapat berpartisipasi dalam Hannover Messe 2023 dan memperkenalkan solusi HRIS terdepan dari Indonesia kepada dunia. Dukungan Kemenperin sangat berarti bagi kami dan kami berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi dalam pengelolaan SDM untuk mendukung pertumbuhan industri di Indonesia dan di tingkat global,” ungkap CEO Zemangat, Fielien Kosasih.

Sebagai bagian dari upaya Indonesia dalam mewujudkan Revolusi Industri 4.0, dukungan dari Kemenperin kepada Zemangat dalam partisipasinya di Hannover Messe 2023 adalah contoh konkret dari komitmen pemerintah Indonesia dalam mendorong startup lokal yang berpotensi menjadi pemain global di bidang HRIS, serta membantu meningkatkan daya saing industri Indonesia dalam era digitalisasi dan transformasi industri.

“Kami terus mendukung startup Indonesia menjadi solusi yang tidak hanya berkontribusi bagi industri di Indonesia tapi juga dalam skala global. Partisipasi Zemangat dalam Hannover Messe 2023 adalah sebuah momentum untuk menunjukkan gelombang akselerasi digitalisasi di Indonesia," ucap Risma Fattahatin Muizzullah selaku Pejabat fungsional Direktorat IKM LMEA, Ditjen IKMA, Kementerian Perindustrian yant juga merupakan Ketua Pelaksana Kegiatan Startup4ndustry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.