Sukses

7 Makanan yang Paling Dicari saat Lebaran

Umumnya, makanan yang cenderung segar tanpa santan akan banyak dicari.

Liputan6.com, Yogyakarta - Lebaran identik dengan masakan berupa opor ayam, sambal goreng, rendang, dan lainnya. Makanan Lebaran yang umumnya didominasi oleh makanan bersantan ini tak jarang membuat bosan.

Akhirnya, saat Lebaran memasuki siang atau sore hari, perburuan makanan lain pun dilakukan. Umumnya, makanan yang cenderung segar tanpa santan akan banyak dicari.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut tujuh makanan paling dicari saat Lebaran:

1. Bakso

Makanan yang satu ini memang menjadi primadona saat Lebaran memasuki siang atau sore hari. Warung-warung bakso akan dipenuhi oleh para pelanggan yang telah bosan dengan menu bersantan.

Kuah bakso yang bening, gurih, dan panas akan terasa nyaman di perut. Agar terasa lebih nikmat, bakso biasanya disantap dengan mencampurkan sambal dan kecap.

2. Mi ayam

Selain bakso, menu lain yang juga menjadi pesaing bakso adalah mi ayam. Mi dengan topping ayam yang melimpah dan pangsit akan menjadi sajian yang banyak dicari saat Lebaran.

Layaknya bakso, makanan ini juga sangat mudah dicari. Sering kali warung penjual bakso juga menjual mi ayam sebagai menu pilihan lainnya.

3. Pempek Palembang

Makanan khas Palembang ini telah banyak tersedia di kota-kota lain. Pempek juga menjadi salah satu menu yang banyak dicari saat Lebaran.

Sajian berbahan dasar ikan tenggiri ini memiliki rasa yang gurih dan khas daging tenggiri. Rasa tersebut akan semakin nikmat saat bercampur dengan kuah cuko yang asam dan pedas.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pecel

4. Pecel dan gado-gado

Menikmati sayur segar juga bisa menjadi pilihan tepat saat Lebaran. Pecel dan gado-gado bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat setelah bosan menyantap makanan bersantan. Segarnya aneka sayuran tersebut berpadu sempurna dengan sambal kacang yang gurih dan pedas.

5. Batagor dan siomay

Jika kamu ingin menyantap hidangan yang ringan setelah menyantap hidangan bersantan, maka batagor dan siomay adalah pilihan tepat. Tekstur batagor dan siomay yang kenyal akan terasa semakin nikmat saat berpadu sempurna dengan bumbu kacang gurih.

6. Rujak

Setelah bosan dengan segala makanan bersantan, menyantap buah segar bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menikmati berbagai potongan buah segar dengan mencocolkannya pada sambal. Tentu saja, sajian bernama rujak ini akan menjadi makanan penutup yang sempurna.

7. Mi instan

Mi instan selalu menjadi penyelamat di segala kondisi, termasuk saat Lebaran. Selain murah, makanan ini juga mudah didapat dan dibuat.

Menambahkan berbagai isian pada mi instan akan semakin menggugah selera makanmu. Kamu bisa menambahkan cabai, sayuran, telur, bakso, sosis, dan lain sebagainya dalam semangkuk mi instan.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.