Sukses

Banjir Bandang Sembahe, Wagub Sumut Musa Rajekshah Gercep Cek Dampak yang Ditimbulkan

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah atau yang akrab disapa Ijeck gerak cepat (gercep) meninjau dampak banjir bandang yang melanda beberapa bagian wilayah di Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Senin (1/5/2023).

Liputan6.com, Deli Serdang Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah atau yang akrab disapa Ijeck gerak cepat (gercep) meninjau dampak banjir bandang yang melanda beberapa bagian wilayah di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Senin (1/5/2023).

Banjir bandang di Kabupaten Sibolangit pada Minggu, 30 April 2023. Kejadian tersebut menyebabkan ratusan rumah terdampak di beberapa wilayah, diantaranya Desa Tambunen, Desa Sembahe, Desa Batu Mbelin, dan Desa Kuala.

Kunjungan Ijeck diawali dengan melihat lokasi Desa Wisata Sembahe. Kemudihan melihat pipa air bersih milik Bumdes dan mengunjungi rumah Apriman Jaiy dan Op Nainggolan yang rusak akibat banjir di Jalan TVRI, Desa Bandar Baru.

"Kita datang kemari untuk melihat dampak dari banjir bandang yang semalam sore terjadi. Ada dua rumah yang kerusakannya berat dan beberapa rumah lainnya dipenuhi lumpur. Ada juga jalur pipa air bersih milik Bumdes yang rusak," kata Ijeck.

Ijeck langsung meminta Camat untuk membantu membersihkan lumpur maupun material lainnya yang masuk ke rumah warga. Bersama Kadis Sosial ia juga menyerahkan bantuan sembako, sanitary kit dan matras tidur.

"Untuk pipa air bersih milik Bumdes tadi, Pemkab Deli Serdang telah melihat kondisinya untuk perbaikan. Kami pemerintah provinsi juga akan melihat porsi mana nanti yang bisa dibantu," sebutnya.

 

2 dari 3 halaman

Penanganan Banjir Bandang

Ijeck mengapresiasi kerja sama antara pemerintah dan warga dalam menangani dampak banjir bandang. Sehingga dalam waktu cepat dapat mengidentifikasi warga terdampak dan memberi bantuan usai banjir menerjang.

"Personel BPBD dan Pemkab Deli Serdang juga sudah bergerak bersama-sama membersihkan kayu-kayu atau material lainnya di jalur-jalur air seperti parit dan saluran air yang ada," ucapnya.

Kepada para relawan dan masyarakat, Ijeck juga mengucapkan terima kasih, karena sudah sejak awal memberi peringatan kepada para wisatawan sehingga tidak ada korban jiwa.

"Berita banjir ini viral karena adanya kendaraan yang hanyut, tapi dari laporan yang sudah kami terima, tidak ada korban jiwa," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Imbauan Kepada Masyarakat

Masyaraka diimbau lebih waspada dan hati-hati akan potensi-potensi bencana yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi saat ini.

"Sumut masih diselimuti hujan dengan intensitas tinggi. Masyarakat kita harap untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Wisatawan juga terus waspada saat debit hujan tinggi," imbau Ijeck.

Lanjutnya banjir bandang ini tidak bisa diprediksi. "Kita tidak tahu di hulu sungai itu kondisinya bagaimana, mungkin sedimen yang terbawa banjir berupa tumpukan kayu sudah menutupi sungai, ini juga yang harus dicek," tutupnya.

Camat Sibolangit, Hesron mengatakan, hampir seluruh warga di sepanjang aliran sungai di Desa Tambunen, Desa Sembahe, Desa Batu Mbelin dan Desa Kuala terdampak banjir.

"Kita berupaya agar masyarakat bisa segera beraktifitas kembali," harapnya.