Sukses

Singgah ke Kebumen, Ini Berbagai Kuliner Kebumen yang Lezat dan Wajib Dicicipi

Tidak hanya memiliki beragam destinasi wisata menarik, Kebumen juga memiliki ragam makanan khas yang lezat.

Liputan6.com, Kebumen - Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di pesisir selatan. Letaknya yang strategis, membuat Kebumen banyak diminati wisatawan untuk menghabiskan liburan sambil menikmati pantai.

Tidak hanya memiliki beragam destinasi wisata menarik, Kebumen juga memiliki ragam makanan khas yang lezat. Ada beragam makanan khas Kebumen yang terkenal enak dan menarik untuk dicicipi.

Dikutip dari laman kebumenkab.go.id, berikut aneka kuliner Kebumen yang menarik untuk dicicipi saat berkunjung.

1. Yutuk goreng

Yutuk goreng atau undur-undur pantai menjadi camilan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja apabila berkunjung ke Kebumen. Yutuk goreng dapat dengan mudah ditemui di pesisir pantai Kebumen, tepatnya di pantai Petanahan.

Oleh warga sekitar, yutuk diolah menjadi rempeyek yang renyah dan gurih. Makanan khas ini cocok dijadikan cemilan bersama keluarga.

Yutuk goreng dijual dengan harga Rp1.000 per biji.

2. Satai ambal

Makanan khas Kebumen yang unik selanjutnya adalah satai ambal. Sesuai dengan namanya, makanan khas Kebumen ini berasal dari Kecamatan Ambal.

Sajian Satai Ambal diolah dari bahan daging ayam. Bedanya, kemudian ditambahkan dengan bumbu yang terbuat dari tempe rebus yang dihaluskan.

Bumbu Satai Ambal yang diolah dari bahan tempe ini mempunyai tekstur yang encer dengan warna kuning kecoklatan. Satai Ambal menjadi sajian makanan dengan perpaduan cita rasa gurih, manis, dan pedas yang menggugah selera.

Penjual satai ambal dapat dengan mudah ditemukan, namun jika ingin mencicipinya tidak ada salahnya berkunjung ke satai ambal legendaris Pak Kasman. Warung makan Sate Ambal Pak Kasman merupakan pelopor satai ambal di pesisir Kebumen.

Warung makan ini sudah berjualan sejak 1970-an. Ciri khas satai ambal ala Pak Kasman adalah hanya menggunakan daging ayam kampung.

Sebelum dipanggang, satai ambal lebih dulu direndam dengan bumbu racikan yang terbuat dari kecap, gula merah dan rempah. Saat dibakar juga satai juga kembali diolesi bumbu, sehingga rasanya meresap hingga ke bagian dalam daging.

Satai ambal disajikan dengan kuah encer yang terbuat dari tempe rebus yang dihaluskan dan dicampur berbagai bumbu. Bumbu berwarna coklat ini biasa disajikan terpisah, sehingga pengunjung dapat memesan sesuai selera.

Setiap harinya, kedai sate ambal Pak Kasam ini tak pernah sepi pembeli. Seporsi satai ambal legendaris di Kebumen ini dibanderol mulai dari Rp35.000-Rp50.000.

2 dari 2 halaman

Ayam Es Bening

3. Ayam es bening

Makanan khas Kebumen selanjutnya adalah Ayam Es Bening. Nama Es Bening diambil dari sebuah desa di Kabupaten Kebumen, yaitu Desa Es Bening.

Ayam Es Bening merupakan makanan yang diolah menggunakan ayam kampung yang dimasak dengan bumbu rempah hingga meresap ke dalam. Sajian Ayam Es Bening ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat yang lezat.

Selain itu, Ayam Es Bening juga bisa disimpan ke dalam freezer agar lebih awet dan bisa dikonsumsi hingga 5 bulan ke depan. Harga ayam es bening dibanderol mulai dari Rp100.000 per ekornya.

4. Soto ayam petanahan

Makanan khas Kebumen yang tidak kalah lezat berikutnya adalah Soto Ayam Petanahan. Makanan khas Kebumen ini sangat populer dan digemari banyak orang.

Soto Ayam Petanahan ini biasanya disantap dengan potongan ketupat. Kuah soto yang berwarna kuning dan bertekstur kental mempunyai cita rasa bumbu rempah yang kuah.

Umumnya, seporsi soto ayam petanahan dibanderol mulai dari Rp10.000-Rp15.000.

5. Jenang sabun

Jenang sabun merupakan kuliner khas kebumen yang susah untuk dijumpai. Kuliner ini bisa ditemukan pada bulan puasa saja dan hanya dibuat oleh satu-satunya pengrajin di kawasan desa Munggu, Kecamatan Kebumen.

Rumah produsen jenang sabun ini satu-satunya yang mampu bertahan hingga kini,sejak 1965. Bahan baku jenang sabun menggunakan ketela pohon dan legen.

Legen atau nira merupakan air hasil sadapan manggar pohon kelapa. Jenang sabun memiliki cita rasa manis dan legit. Jenang langka ini dibanderol dengan harga Rp32.000 per porsi.