Sukses

Dampak Positif Operasi Ketupat Progo Gununungkidul, Apa Saja?

Kesuksesan pengamanan dan arus lalu lintas saat libur lebaran tahun 2023 ini dirasa sukses oleh warga Gunungkidul. Setidaknya banyak yang mengakui baik pemudik maupun warga merasakan lancarnya peringatan Idul Fitri 2023 ini.

Liputan6.com, Gunungkidul - Kesuksesan pengamanan dan arus lalu lintas saat libur lebaran tahun 2023 ini dirasakan oleh warga Gunungkidul. Setidaknya banyak yang mengakui baik pemudik maupun warga merasakan lancarnya perayaan Idul Fitri 2023 ini.

Hal tersebut disampaikan Danang Ardianto warga Kepek Wonosari. Arus mudik di Gunungkidul terlihat kondusif dan tertata dengan baik.

“Tahun ini memang berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, bahkan arus lalu lintas terbilang lancar meski ada kepadatan. Tapi dari keseluruhan, semua berjalan lancar,” Ucap Danang.

Danang mencontohkan bahwa sepanjang jalur mudik di Gunungkidul telah dilakukan penjagaan dan ditempatkan pos-pos lebaran. Tentunya akan mempermudah para pemudik dalam melakukan perjalan ke tempat keluarganya maupun hanya melewati wilayah Gunungkidul.

Danang menyebut, bukan hanya arus lalu lintas saja yang terlihat lancar. Bahkan pada jalur jalur wisata di sepanjang Pantai Selatan Gunungkidul lancar tanpa ada kepadatan baik dipintu masuk maupun keluar kawasan wisata.

“Arus lancar, wisata lancar, hamper tidak terlihat kepadatan di titik titik dimana pada tahun tahun sebelumnya mengalami kepadatan. Tentu ini berkat Kerjasama yang baik terutama yang dipersiapkan oleh satgas Operasi Ketupat Progo 2023 kepolisian,” ujarnya.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keberhasilan Operasi Ketupat Progo

Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri menyebut bahwa keberhasilan pengaman para Idul Fitri Tahun 2023 ini merupakan kerja bersama TNI-Polri, pemerintah kabupaten, relawan, bahkan para simpatisan yang membantu dalam operasi ini.

Edy menyebut dalam Operasi Ketupat Progo 2023 ini yang digelar sejak 18 April hingga 1 Mei 2023, pihaknya telah menerjunkan 306 personel. Dari jumlah tersebut terbagi menjadi 5 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan.

“Selain hal di atas, masih ada 29 pos jalur, dan 10 pengamanan objek wisata,” kata Edy.

Sebagai data, lanjut Edy, pada Operasi Ketupat Progo 2023 ini secara umum terjadi penurunan kecelakaan. Di mana selama operasi berlangsung terdapat 20 kejadian, hal ini menurun dari tahun sebelumnya mencapai 34 kejadian kecelakaan lalu lintas.

“Penurunannya mencapai 40 persen dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, tingkat kriminalitas sepanjang Operasi Ketupat Progo 2023 ini menunjukan peningkatan dengan lima kasus. Yakni, tiga kasus pencurian dan pemberatan, dan dua kasus penganiayaan.

“Tentunya hasil ini merupakan Kerja sama dari semua pihak,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Edy selaku Kapolres Gunungkidul mengucapkan banyak terima kasih kepada para relawan yang telah membantu kelancaran perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 hijriah tahun ini. Di samping itu, Polres memberikan pengahargaan tertinggi atas keberhasilan tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama pada warga masyarakat yang telah membantu kesadaran berlalu lintas juga keamanan dilingkungan masing masing,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.