Sukses

Olahraga Rekreasi Tonis Curi Perhatian di CFD Kawasan Lapangan Merdeka Medan, Apa Itu?

Ada yang menarik saat pelaksanaan Car Free Day (CFD) di kawasan Lapangan Merdeka Medan, Minggu (7/5/2023) pagi. Banyak pilihan olahraga yang dapat dilakukan masyarakat, salah satunya tonis.

Liputan6.com, Medan Ada yang menarik saat pelaksanaan Car Free Day (CFD) di kawasan Lapangan Merdeka Medan, Minggu (7/5/2023) pagi. Banyak pilihan olahraga yang dapat dilakukan masyarakat, salah satunya tonis.

Persatuan Tonis Seluruh Indonesia (Pertonsi) Medan membuka lapangan di persimpangan Jalan Balai Kota. Masyarakat dipersilahkan jika ingin bermain olahraga yang merupakan perpaduan antara bulu tangkis dan tenis lapangan tersebut.

Ketua Pertonsi Medan, Yonal Feri menjelaskan, tonis merupakan olahraga rekreasi dan prestasi. Olahraga ini di bawah binaan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI).

Saat ini olahraga tonis telah dikenal dan diminati masyarakat. Bahkan, pada 27 Mei 2023 akan digelar kejuaran tonis se-Sumatera Utara (Sumut), yang diikuti seluruh kabupaten/kota.

"Pemenangnya akan diutus mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional di Bandung, Juli mendatang," kata Yonal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gabungan Tenis dan Badminton

Diterangkan Yonal, tonis merupakan olahraga yang menggabungkan tenis dan badminton. Olahraga ini dinilai lebih praktis, murah, dan mudah, sehingga cepat diterima masyarakat.

Untuk alat yang digunakan memukul bola dalam tonis disebut paddle, terbuat dari bahan kayu yang ringan. Tetapi kuat dan tidak mudah patah. Sedangkan bola tonis umumnya menggunakan bola seukuran bola tenis.

Namun, bola pada tonis memiliki tekanan udara yang lebih ringan. Laju bola menjadi lambat atau tidak cepat, seperti pada bola tenis biasa.

"Kami mengajak kawula muda Medan menjajal olahraga yang mengasikkan ini," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Semarakkan CFD

Kadis Pemuda Olahraga (Kadispora) Medan, Pulungan Harahap mengatakan, sengaja mengajak berbagai komunitas dan cabang-cabang olahraga untuk menyemarakkan CFD ini setiap minggunya.

Kehadiran komunitas dan cabang olahraga ini memberikan kontribusi yang cukup besar dalam membudayakan olahraga pada diri warga Medan.

"Selain menjaga lingkungan, mengurangi polusi udara, CFD juga menjadi ajang untuk membudayakan berolahraga pada diri warga Medan. Olahraga membuat sehat, warga sehat, negara pun kuat," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.