Sukses

Daftar Bacaleg, Ketua Nasdem Garut Saweran di Depan Kantor KPUD

Tindakan saweran uang itu, baru terjadi pertama kali dan segera menjadi bahan evaluasi Bawaslu, termasuk KPUD Garut sebagai penyelenggara pemilu di daerah.

Liputan6.com, Garut - Ketua DPD Nasdem Kabupaten Garut, Jawa Barat sekaligus istri Bupati Garut Diah Kurniasari, terlihat saweran uang di halaman kantor KPUD Garut, selepas pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) Pemilu 2024, Kamis (11/5/2023).

Selain Diah, sebagian bacaleg partai besutan Surya Paloh itu, terlihat ikut saweran uang kepada pendukung yang hadir sambil naik dodombaan kesenian khas Garut.

Komisioner Bawaslu Garut Koordiv Hukum dan Sengketa Ahmad Nurul Syahid menyayangkan kegiatan saweran uang yang dilakukan di halaman kantor penyelenggaran KPUD Garut itu. 

"Nanti akan coba dibahas dahulu apakah ini masuk ada unsur (pelanggaran) atau tidak, nanti akan kami bahas," ujarnya.

Menurutnya, sebagai salah satu rangkaian kegiatan pemilu 2024, kegiatan pendaftaran bacaleg yang dilakukan seluruh bacaleg dan pengurus partai Nasdem, mematuhi aturan pemilu.

Dalam pengamatannya, tindakan saweran uang itu, baru terjadi pertama kali dan segera menjadi bahan evaluasi Bawaslu, termasuk KPUD Garut sebagai penyelenggara pemilu di daerah.

Ketua KPU Kabupaten Garut Junaidin Basri mengatakan kegiatan saweran sejumlah uang yang dilakukan Ketua DPD Nasdem dan beberapa bacalegnya, di luar prediksi. Pihaknya telah mengingatkan mereka untuk menghentikan aksinya itu.

"Itu di luar kendali kami, dan kami juga sudah mencoba menghentikannya," ujar dia.

Menurutnya, aksi saweran uang yang sebaiknya diurungkan apalagi masih berada di lingkungan halaman KPUD Garut. "Saya minta ke depan atraksi biasa saja, tidak ada seperti itu," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini