Sukses

Daftar 15 Atlet Papua yang Moncer Raih Medali di SEA Games 2023 Kamboja

SEA Games 2023 Kamboja telah berakhir, Indonesia berada di posisi 3 dengan 87 emas di bawah Vietnam dengan raihan 136 emas dan Thailand dengan 108 emas.

 

Liputan6.com, Jayapura - SEA Games 2023 Kamboja telah berakhir, Indonesia berada di posisi 3 dengan 87 emas di bawah Vietnam dengan raihan 136 emas dan Thailand dengan 108 emas. Sebanyak 15 medali Indonesia di antaranya dipersembahkan oleh atlet Papua.

Ketua Umum KONI Provinsi Papua Kenius Kogoya, Kamis (18/5/2023) mengatakan, prestasi yang diraih para atlet asal Bumi Cenderawasih dalam kejuaraan level internasional tersebut menjadi suatu kebanggaan bagi Tanah Papua.

"Atlet Papua memberikan kontribusi yang luar biasa untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional dan ini adalah doa serta harapan dari masyarakat Papua," katanya.

Medali emas disumbangkan oleh Priska Madelyn Nugroho dari cabang olahraga tenis nomor beregu dan perorangan putri, Maria Corazon Konjep Wombaki dan Sang Ayu Nyoman dari cricket putri, serta Chico Aura Dwi Wardoyo dari bulu tangkis beregu putra.

"Kemudian atlet Papua Jeam Kelly Sroyer berhasil menyumbangkan emas bagi Indonesia dari sepak bola," ujarnya.

Sementara untuk medali perak diraih oleh Ester Wardoyo dari bulu tangkis beregu putri, Maylen Christy Aupe dari kun bokator, Farel Armindo Tangkas dari renang nomor 100 meter gaya punggung putra.

"Selanjutnya Maria Corazon Konjep Wombaki dan Sang Ayu Nyoman dari cricket putri nomor 50 over dan twenty-20 (T20) serta Chico Aura Dwi Wardoyo dari bulu tangkis perorangan putra," katanya lagi.

Sedangkan medali perunggu dipersembahkan oleh Agustinus Abadi Ndiken dari atletik nomor lempar lembing, Samuel Frekson Wouw dari kun bokator nomor 70 kilogram, Julius Rizhad Rumaropen dari hoki outdoor putra.

"Kemudian Paulina Ronsumbre dan Ruth Bransik dari hoki outdoor putri serta Ester wardoyo dari bulu tangkis perorangan putri," ujarnya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Raihan Gemilang di Sepak Bola

Meski tidak menjadi juara umum, Indonesia berhasil meraih kembali emas dari cabang olahraga sepak bola setelah 32 tahun. Skuad Garuda Nusantara sanggup mengakhiri paceklik emas selama lebih dari tiga dekade usai menaklukkan musuh bebuyutannya, Thailand, dengan skor telak 5-2 di babak final yang berlangsung Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang sudah lama absen naik ke podium tertinggi sepak bola SEA Games. Prestasi terbaik yang dicatatkan hanyalah menyabet perak. Adapun tim Merah Putih menggondol medali emas terakhir di SEA Games 1991 Filipina.

Keberhasilan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan mengembalikan kejayaan sepak bola Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja pun tak pelak mendapat apresiasi tinggi dari Tanah Air.

Exco PSSI Arya Sinulingga mengeklaim federasi sepak bola sudah menyiapkan acara arak-arakan sebagai bentuk apresiasi atas prestasi Timnas Indonesia U-22 di kejuaraan multi event ASEAN.

“Maksud dan tujuan acara ini untuk menghormati seluruh pemain dan ofisial tim karena mereka sudah merebut medali emas SEA Games 2023 di Kamboja. Ini medali emas yang sudah lama sekali ditunggu, yakni 32 tahun, setelah terakhir kita merebutnya di SEA Games Manila, Filipina, tahun 1991,” tutur Arya, dilansir dari situs PSSI.

“Setelah itu, (acara ini juga dimaksudkan) untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang selama ini mendukung perjuangan tim U-22 agar melihat dan bertemu pemain secara langsung,” sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.