Sukses

Tak Hanya Tingkatkan Kualitas Pernapasan, Yoga Juga Bisa Bantu Perbaiki Postur Tubuh

Rutin berlatih yoga bisa membantu memperbaiki postur tubuh. Idealnya, olahraga ini dilakukan 2-3 per minggu dengan frekuensi latihan 45 menit hingga satu jam.

Liputan6.com, Jakarta - Yoga bisa jadi olahraga pilihan, terutama buat kamu yang sedang berusaha untuk memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan kualitas pernapasan. Yuk, simak beberapa manfaat dari olahraga yang satu ini.

Rutin berlatih yoga bisa membantu memperbaiki postur tubuh. Idealnya, olahraga ini dilakukan 2-3 per minggu dengan frekuensi latihan 45 menit hingga satu jam.

Berlatih yoga mengajarkan kamu untuk fokus pada perasaan dan sensasi tubuh. Ini membantu kamu menjadi lebih sadar akan postur tubuh sendiri. Secara bertahap, berlatih yoga bisa mengoreksi kebiasaan buruk yang membuat postur tubuh menjadi tidak baik.

Banyak pose yoga melibatkan penguatan otot-otot inti, seperti otot perut dan otot punggung bagian bawah. Ini membantu kamu mendukung tulang belakang menjadi lebih baik, yang juga akan memperbaiki postur tubuh kamu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8 Manfaat Berlatih Yoga

1. Peningkatan fleksibilitas

Yoga melibatkan serangkaian gerakan dan pose yang membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Melalui latihan yang teratur, kamu akan merasakan peningkatan dalam rentang gerakan sendi dan kelenturan otot.

2. Peningkatan kekuatan otot

Banyak pose yoga melibatkan penggunaan berbagai kelompok otot tubuh. Dengan mengulangi dan mempertahankan pose tersebut, kamu dapat memperkuat otot-otot tubuh, termasuk otot inti (core muscles), otot lengan, otot kaki, dan sebagainya.

3. Peningkatan postur tubuh

Yoga membantu meningkatkan kesadaran akan postur tubuh. Melalui latihan dan konsentrasi pada postur yang benar, kamu dapat memperbaiki postur tubuh sehari-hari. Hal ini dapat mengurangi risiko cidera dan ketegangan pada otot-otot yang tidak seimbang.

4. Peningkatan keseimbangan

Banyak pose yoga melibatkan keseimbangan tubuh. Dengan berlatih yoga secara teratur, kamu dapat mengembangkan keterampilan keseimbangan yang lebih baik, memperkuat otot-otot penyangga tubuh, dan meningkatkan koordinasi motorik.

5. Pengurangan stres dan relaksasi

Yoga melibatkan teknik pernapasan dan meditasi yang dapat membantu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Praktik yoga secara teratur dapat membantumu merasa lebih tenang, fokus, dan mampu mengatasi stres sehari-hari dengan lebih baik.

6. Peningkatan konsentrasi dan fokus

Gerakan yang perlahan dan dikombinasikan dengan pernapasan yang teratur dalam yoga membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus kamu. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi kerja, belajar, dan aktivitas sehari-hari lainnya.

7. Peningkatan kebugaran dan metabolisme

Meskipun yoga bukan olahraga kardiovaskular yang intens, praktik yoga yang dinamis seperti Vinyasa atau Power Yoga dapat meningkatkan detak jantung  dan mempercepat metabolisme. Selain itu, latihan yoga yang teratur juga dapat membantu membangun kekuatan dan stamina.

8. Peningkatan kualitas tidur

Latihan yoga sebelum tidur atau sesi yoga yang difokuskan pada relaksasi dan pernapasan dapat membantu kamu merasa lebih rileks dan mempersiapkan tubuh

 

3 dari 3 halaman

6 Olahraga yang Dapat Membantu Kualitas Pernapasan

1. Lari

Berlari adalah olahraga kardiovaskular yang baik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat otot-otot pernapasan. Saat berlari, kamumelakukan pernapasan yang lebih dalam dan intens, yang membantu meningkatkan ventilasi paru-paru.

2. Renang

Renang melibatkan penggunaan pernapasan yang teratur dan dalam. Dengan melatih pernapasan yang terkendali dalam air, kamu dapat meningkatkan kekuatan otot-otot pernapasan dan kapasitas paru-paru.

3. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga aerobik yang melibatkan pernapasan yang teratur dan ritmis. Saat  bersepeda, udara segar yang kamu hirup dan pernapasan yang teratur membantu memperbaiki sirkulasi udara di paru-paru.

4. Aerobik

Olahraga aerobik seperti senam, zumba, atau latihan kardio lainnya dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan kualitas pernapasan. Gerakan energik dan pernapasan yang terkoordinasi dalam olahraga aerobik memperkuat otot-otot pernapasan.

5. Pilates

Meskipun tidak fokus pada aspek kardiovaskular, pilates melibatkan latihan pernapasan yang terkontrol dan penekanan pada kualitas pernapasan. Gerakan dalam pilates dapat membantu memperkuat otot-otot pernapasan dan memperbaiki teknik pernapasan.

6. Tai Chi

Tai Chi adalah seni bela diri yang melibatkan gerakan lambat dan pernapasan teratur. Latihan tai chi dapat membantu meningkatkan kekuatan otot-otot pernapasan, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mempromosikan pernapasan yang dalam dan tenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini