Sukses

Julian Jacob Ikuti Tradisi Sang Ayah Melarung Ari-Ari Bayinya ke Laut, Apa Maknanya?

Dalam Instagramnya, Julian juga mengunggah videonya bersama sang ayah yang sedang melarung ari-ari bayi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pasangan penyanyi Julian Jacob dan Mirriam Eka baru saja dikaruniani anak pertama pada 22 Mei 2023. Melalui akun Instagramnya @julianjacs, ia tengah menikmati peran barunya sebagai ayah dari anak perempuannya yang diberi nama Clover Rae Jacob.

Dalam setiap kelahiran bayi, tentu terdapat ari-ari bayi. Karena baru pertama kali memiliki anak, Julian pun melempar pertanyaan kepada warganet tentang ari-ari bayi tersebut.

"Nanya dong, kalian yang punya baby ari-arinya diapain? Dikubur atau dilarung ke laut?" tulis Julian Jacob.

Setelah melihat jawaban para warganet, Julian akhirnya memutuskan untuk melarungkan ari-ari bayinya ke laut. Hal itu juga sesuai dengan tradisi di keluarga sang ayah.

Tradisi ini dimaksudkan agar sang anak nantinya memiliki hati yang luas seperti samudra. Selain itu, juga sebagai pengharapan agar rezeki sang anak deras layaknya ombak. Melarungkan ari-ari ke laut juga merupakan pengharapan agar sang anak bisa menjadi sumber terang bagi makhluk-makhluk di sekitarnya.

Dalam Instagramnya, Julian juga mengunggah videonya bersama sang ayah yang sedang melarung ari-ari bayi. Ia menghanyutkan kendi yang berisi ari-ari serta menabur bunga ke laut.

Sementara itu, mengutip dari budaya-indonesia.org, melarung atau menghanyutkan ari-ari si jabang bayi merupakan prosesi upacara adat Jawa Timur. Ari-ari bayi akan dilarung bersama dengan bunga tujuh rupa, kendil, kain putih, dan jarum ke laut.

Tradisi atau kebiasaan ini dilaksanakan dengan diiringi proses menyanyikan tembang macapat, yaitu 'Dhandhanggula'. Usai acara melarung ari-ari selesai, biasanya kegiatan ditutup dengan pesta perayaan kelahiran si bayi yang dilakukan dengan meriah.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.