Sukses

Namanya Sering Dicatut untuk Penipuan, YouTuber ini Bakal Lapor ke Polisi

Seperti halnya yang dilakukan Ryan Sunandar pemuda asal Jakarta itu berhasil mengubah segalanya dengan adanya teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan dunia digital saat ini menantang generasi muda untuk berkreasi. Tantangan utama generasi muda dalam perkembangan dunia digital adalah, tidak hanyut dan menjadi korban dari sisi negatif kemajuan teknologi.

Selain itu, pemuda berperan penting sebagai subjek pembangunan dan menjadi agen perubahan untuk lingkungannya. Seperti halnya yang dilakukan Ryan Sunandar pemuda asal Jakarta itu berhasil mengubah segalanya dengan adanya teknologi.

Ryan Sunandar yang akhir-akhirnya ini seringkali membuat konten berbagi handphone dan uang kepada pengikut media sosialnya kerap kali mempublikasikan hal tersebut di channel Youtube miliknya.

Namun ternyata niat baik Ryan disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab. Kerap kali ada orang yang menggunakan modus penipuan giveaway sekaligus mencatut nama Ryan Sunandar.

Diberbagai media sosial, banyak ditemukan akun yang mengatasnamakan Ryan dan mulai memakan korban. Mereka tertipu dengan giveaway yang ditawarkan dengan iming-iming hadiah yang menggiurkan.

"Banyak yang direct message saya mengeluh kena tipu giveaway. Saya heran kenapa mereka gak punya hati melakukan itu" kata Ryan Sunandar ketika dihubungi Liputan6.com, Jumat (02/06/2023).

Karena tidak mampu menjangkau para pengikutnya, anak muda itu berencana untuk membuat giveaway lagi. Sasaran kali ini adalah agar orang-orang di luar Jakarta, agar mereka mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan hadiah.

"Rencana saya akan membuat giveaway lagi untuk menjangkau follower saya yang diluar Kota Jakarta," ujarnya.

Mudah-mudahan dengan membuat giveaway untuk pengikut dari luar jakarta bisa mengenali mana akun dirinya yang asli. Agar tidak akan ada lagi korban penipuan yang mengatasnamakan dirinya.

"Saya bingung padahal tidak sekedar konten, saya niat betul untuk membantu. Sementara akun palsu yang berseliweran mengatasnamakan saya bukan hanya satu dua orang, tapi ada puluhan puluhan," ungkapnya.

Saat ini, Ryan sedang berkonsultasi dengan pengacaranya yakni Dian Sadida. Dirinya tengah meminta solusi dan perlindungan agar orang-orang yang membuat akun yang mengatasnamakan Ryan, bisa dilaporkan ke polisi.

"Ya biar ada efek jera gitu dan gak ada korban lagi. Kasihan yang tertipu itu," tuturnya.

Ia mengatakan, dirinya tidak akan segan-segan untuk melaporkan akun palsu yang melakukan penipuan. Sebab, dalam konten giveaway yang dibuatnya selama ini, Ryan Sunandar menegaskan, tak pernah meminta satu rupiah pun kepada para pemenang.

"Saya tidak minta satu rupiah pun sama pemenang. Belum lama ini, ada dua orang korban, yaitu Hesti dan Rahman yang mengaku sebagai korban modus penipuan giveaway. Walaupun jumlahnya tidak banyak, tetapi itu berarti bagi mereka," ia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.