Sukses

7 Juni Hari Apa? Ada Peringatan Hari Peduli Sedunia

Ini adalah peringatan yang memberikan kesempatan bagi semua orang untuk mempraktikkan kepedulian.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Rabu (7/6/2023) diperingati sebagai Hari Peduli Sedunia atau World Caring Day. Ini adalah peringatan yang memberikan kesempatan bagi semua orang untuk mempraktikkan kepedulian.

Hari Peduli Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 7 Juni. Peringatan ini bertujuan untuk mempromosikan kepedulian dan empati terhadap sesama, lingkungan, dan masalah sosial lainnya.

Asal usul Hari Peduli Sedunia dimulai pada 7 Juni 1997, ditandai dengan kehidupan sembilan hari seorang bayi bernama Brighid. Setelah lahir prematur, insinyur perangkat lunak Sona Mehring membuat situs web CaringBridge.

Berkat Sona, teman dan keluarga dapat menerima pembaruan tentang kesehatan bayi Brighid secara online. Situs web tersebut menyediakan kebutuhan dan kenyamanan bagi Brighid dan keluarganya. Karena platform media sosial tidak ada pada saat itu, ide untuk membuat situs web adalah revolusioner.

Tindakan kepedulian sederhana ini memicu efek domino, menghasilkan jaringan global yang dikenal sebagai CaringBridge. Organisasi nirlaba ini didedikasikan untuk menghubungkan keluarga dan teman dengan orang yang mereka cintai selama perjalanan kesehatan.

Organisasi ini membantu memberikan perawatan, kenyamanan, dan dukungan yang tak tergoyahkan kepada keluarga. Pada 2021, diperkirakan 45 juta orang dari seluruh dunia mengunjungi CaringBridge. Lebih dari 1.900 pesan harapan, perhatian, dan cinta diunggah setiap jam di portal CaringBridge untuk orang yang dicintai.

Pada 2022, daftar di Kalender Hari Nasional secara resmi memproklamirkan Hari Peduli Sedunia untuk diperingati pada 7 Juni setiap tahun. CaringBridge dan Kalender Hari Nasional mengundang semua orang untuk menginspirasi orang lain melalui kisah harapan dan kepedulian.

Hari Peduli Sedunia dapat diperingati dengan melakukan tindakan kepedulian terhadap sesama, lingkungan, dan masalah sosial lainnya. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:

- Mempraktikkan kepedulian terhadap sesama, seperti memberikan bantuan atau dukungan pada orang yang membutuhkan.

- Mempraktikkan kepedulian terhadap lingkungan, seperti melakukan aksi bersih-bersih atau mengurangi penggunaan plastik.

- Mempraktikkan kepedulian terhadap masalah sosial, seperti menggalang dana untuk membantu korban bencana alam atau penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini