Sukses

Deretan Kota Tertua di Indonesia Berusia Ribuan Tahun, 3 Kota Ada di Pulau Jawa

Berikut lima kota tertua di Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Meski Indonesia baru merdeka pada 1945, peradaban dan pembangunan perkotaan di Nusantara sudah berlangsung jauh lebih lama. Bahkan, ada beberapa kota yang berusia jauh lebih tua di Tanah Air.

Tak heran jika beberapa kota dijuluki sebagai kota tertua di Indonesia. Dikutip dari buku Asal Usul Kota-Kota di Indonesia Tempo Doeloe" karya Zaenuddin HM, ternyata kota tertua di Indonesia memiliki usia hingga ribuan tahun.

Hal itu juga didukung dengan prasasti maupun sejumlah peninggalan sejarah yang ditemukan di kota-kota tertua di Indonesia tersebut. Berikut lima kota tertua di Indonesia.

1. Palembang, Sumatera Selatan

Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Kota yang dikenal dengan olahan pempek ini berdiri sejak Juni 682 masehi, artinya kota ini telah berusia 1341 tahun.

Bukti dari keberadaan Palembang sebagai kota tertua di Indonesia terdapat dalam prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang. Dalam prasasti tersebut tertulis tanggal 16 Juni 682 Masehi.

Kata Palembang sendiri diambil dari bahasa Melayu yang terdiri dari kata "pa" atau "pe" yang berarti sebagai kata tunjuk suatu tempat. Sedangkan kata "lembang" artinya genangan air.

Pengambilan nama tersebut diambil lantaran wilayah Palembang dulunya dikelilingi oleh banyak air. Kota Palembang juga dianggap sebagai salah satu dari pusat Kerajaan Sriwijaya sejak abad ke-7.

2. Salatiga, Jawa Tengah

Salatiga termasuk kota tertua di Indonesia berusia sekitar 1.271 tahun. Kota ini berdiri pada 24 Juli 750 masehi sebagai perdikan, atau wilayah tanpa pajak untuk para ulama.

Hal itu dibuktikan berdasarkan Prasasti Plumpungan yang ditemukan di Dukuh Plumpungan, Kauman Kidul, Sidorejo. Tanggal pada prasasti tersebut juga kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Salatiga yang diatur dalam Peraturan Daerah Tingkat II Nomor 15 Tahun 1955 tentang Hari Jadi Kota Salatiga.

Tak hanya sebagai kota tertua di Indonesia, Salatiga juga dijuluki kota terindah di Jawa Tengah. Hal ini, didukung dengan faktor geografis, udara sejuk dan letaknya yang strategis berada di tengah-tengah kabupaten Semarang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kediri, Jawa Timur

3. Kediri, Jawa Timur

Kota Kediri yang terletak di Jawa Timur menjadi kota tertua selanjutnya, dengan perkiraan usia mencapai 1.144 tahun. Hal ini, berdasarkan Prasasti Kwak yang ditemukan di Desa Ngabean.

Dalam prasasti tersebut tertulis 801 saka atau 27 Juli 879. Kota Kediri sekaligus menjadi lokasi Kerajaan Kediri pada zaman dulu.

Selain itu, Kediri merupakan ibu kota dari beberapa kota dan kabupaten yang termasuk dalam Karesidenan Kediri, yaitu Kabupaten Kediri, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, dan Trenggalek.

4. Magelang, Jawa Tengah

Berdasarkan Prasasti Mantyasih, Kota Magelang telah berdiri sejak 11 April 907 atau kini berusia sekitar 1.116 tahun. Kota yang dikenal sebagai Kota Sejuta Bunga ini dulunya merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno.

Selain termasuk sebagai kota tertua di Indonesia, Magelang juga menjadi bagian dari simbol keagungan ajaran Buddha dilihat dari keberadaan Candi Borobudur yang megah.

5. Banda Aceh, Aceh

Kota tertua di Indonesia selanjutnya adalah Banda Aceh, Provinsi Aceh. Banda Aceh termasuk kota tertua di Indonesia yang dibangun oleh Sultan Alaiddin Johan Syah pada 22 April 1205 Masehi.

Kini, Kota Banda Aceh berusia sekitar 817 tahun. Bukti awal berdirinya pembangunan Kota Banda Aceh tercatat dalam naskah pembangunan Ibu Kota Baru oleh Sultan.

Kota Islam tertua di Asia Tenggara ini dulunya juga merupakan pusat Kerajaan Aceh. Kota tertua di Indonesia ini sekaligus dianggap tempat dimulainya penyebaran Islam di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini