Sukses

Suka Duka Polisi RW Pulau Terluar Indonesia, Masuk Selokan Hingga Damaikan Perkelahian Remaja

Polda Riau mengecek keberadaan Polisi RW di pulau terluar Riau di Kepulauan Meranti untuk memastikan pelaksanaan tugas dengan baik.

Liputan6.com, Pekanbaru - Ribuan polisi rukun warga atau Polisi RW sudah resmi bertugas di seluruh kabupaten dan kota di Riau. Jauh sebelum peluncurannya di Kantor Gubernur Riau, sejumlah Polisi RW sudah bertugas menyelesaikan aneka ragam persoalan di masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Aiptu Sutiman, Polisi RW di Polres Kepulauan Meranti. Sutiman bertugas di pulau terluar di Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia, tepatnya di Desa Gogok Darussalam, Kecamatan Tebing Tinggi Barat.

Sejak bertugas, Sutiman sudah menyelesaikan ragam persoalan masyarakat di tingkat RW tanpa harus sampai ke jalur hukum. Salah satunya perkelahian remaja antar RW di desa tersebut.

Perkelahian ini awalnya ingin ditempuh melalui jalur hukum oleh pihak yang merasa menjadi korban. Ketua RW setempat sudah mencoba menyelesaikan tetapi menemui jalan buntu.

Dengan berbagai pendekatan, Sutiman akhirnya mampu menyelesaikan tanpa harus ada pihak yang menjadi tersangka. Kedua belah pihak berdamai dan menyatakan siap untuk hidup rukun ke depannya.

Kepala Polda Riau Mohammad Iqbal yang berkunjung ke desa itu mengapresiasi kinerja Sutiman sebagai Polisi RW 002. Problem solving dan restorative justice yang diusahakan Sutiman dinilai sebagai tujuan dibentuknya Polisi RW Riau.

"Bagus, pertahankan itu," puji Iqbal didampingi Kapolres Meranti Ajun Komisaris Besar Andi Yul Lapawesean, Kamis petang, 15 Juni 2023.

Selain menyelesaikan persoalan secara kekeluargaan, Sutiman selalu bergaul dengan masyarakat RW 002 tempatnya ditugaskan. Bahkan Sutiman pernah masuk ke parit memperbaiki sumbatan air.

"Izin menjawab Jendral, kegiatan yang pernah dilakukan oleh Polisi RW dan RW 002 yaitu gotong royong membersihkan selokan-selokan atau parit yang membuat tersumbat aliran air pembuangan," jawab Sutiman ketika ditanya Iqbal terkait tugas lainnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemilu 2024

Iqbal menjelaskan, Polisi RW hadir di tengah masyarakat untuk meningkatkan pelayanan keamanan di masyarakat. Polisi RW dalam hal ini harus memiliki pengetahuan menerapkan prinsip community policing, restorative justice, dan akuntabilitas.

Selain itu, yang paling penting menjelang tahun 2024 adalah momen pemilu. Pemilu tinggal menghitung bulan sehingga Polisi RW harus menciptakan situasi keamanan dan ketertiban yang aman dan damai di lingkungan masyarakat.

Iqbal menjelaskan, kedatangannya ke pulau terluar itu bertujuan mengecek pos Polisi RW. Kedatangannya untuk memastikan apakah Polisi RW sudah bertugas di RW-RW pedesaan.

"Polisi RW merupakan program yang bertujuan memelihara keamanan dan ketertiban di lingkup wilayah terkecil dalam bidang Harkamtibmas," tegas Iqbal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.