Sukses

Kebakaran Hebat di Kota Gorontalo, Hampir 24 Jam Api Baru Bisa Dipadamkan

Kebakaran hebat terjadi di Kota Gorontalo. Lima rumah warga serta salah satu gudang sepatu di Kelurahan Limba B Kota Gorontalo ikut dilalap si jago merah

Liputan6.com, Gorontalo - Kebakaran hebat terjadi di Kota Gorontalo. Lima rumah warga serta salah satu gudang sepatu di Kelurahan Limba B, Kota Gorontalo ikut dilalap si jago merah Jumat (16/6/2023) dini hari.

Informasi yang dirangkum Liputan6.com, diketahui kebakaran pertama kali saat kepulan asap tebal terlihat dari salah satu rumah yang yang berdekatan dengan gudang sepatu.

Melihat hal itu, warga sekitar yang berada di lokasi kejadian bergegas untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Namun sumber api yang berada di lantai rumah tersebut membuat warga kesulitan untuk melakukan pemadaman api.

Dalam hitungan menit, kobaran api kian membesar, hingga kemudian merembet ke gudang sepatu. Seketika amukan api makin bertambah besar.

Apalagi sepatu dan sandal yang ada di dalam gudang yang itu, terbuat dari karet sangat rentan terbakar. Hingga akhirnya, kebakaran terus meluas dan merembet ke rumah warga lainnya.

Dijelaskan Direktur Samapta Polda Gorontalo AKBP Zamroni melalui Ipda Didi Gunawan Radju, dalam pemadaman api, Samapta Polda Gorontalo menurunkan 2 unit mobil Armoured Water Cannon (AWC), bersama 30 personel Samapta.

“Untuk tim pemadam kebakaran yang tiba di lokasi agak mengalami kesulitan untuk menjangkau titik api. Akses jalan menuju ke lokasi terbilang cukup padat penduduk," kata Ipda Didi Gunawan Radju.

"Hampir 24 jam api baru bisa dijinakan oleh pihak pemadam kebakaran, Polda Gorontalo yang dibantu warga sekitar,” ujarnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Kebakaran

Sementara Kapolresta Gorontalo Kota, Kombes Pol Ade Permana, menjelaskan dugaan awal sumber api diperkirakan berasal dari salah satu kamar di lantai dua rumah yang berada di belakang gudang sepatu.

“Keterangan warga di salah satu kamar terdengar ledakan,” kata Kombes Pol Ade Permana.

Menurut Kombes Pol Ade Permana, saat kebakaran berlangsung angin bertiup cukup kencang dan mengarah ke gudang sepatu. Hal itu memicu api dengan cepat merembet ke gudang tersebut.

“Empat rumah beserta gudang sepatu ludes terbakar, sementara satu rumah lainnya hangus separuh,” ungkapnya.

Kombes Pol Ade Permana memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran. Terkait peristiwa tersebut, Polresta Gorontalo Kota akan melakukan penyelidikan untuk memastikan sumber api penyebab kebakaran.

“Ada 10 unit pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi. Pemadam tersebut berasal dari Kota Gorontalo, Bone Bolango, dan Pemerintah Gorontalo. Selain itu ada dua unit mobil water canon Polda Gorontalo yang ikut membantu upaya pemadaman,” ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.