Sukses

Banyak Terima Daging Kambing? Cobalah Dimasak Lawar

Bosen dengan olahan kambing kurban yang biasa-biasa aja, kenapa tidak mencoba membuat lawar daging kambing. Yuk simak resepnya...

Liputan6.com, Denpasar Bosan dengan olahan kambing yang biasa-biasa saja setiap tahunnya, kenapa tidak mencoba olahan kuliner Bali yakni lawar kambing. 

Berikut Liputan6.com berbincang dengan Jro Paksi yang memberikan resep olahan khas Bali yang biasanya menggunakan daging babi, tapi diganti dengan daging kambing atau sapi.

Jro Paksi menjelaskan membuat lawar sebenarnya mudah dan bahan-bahannya bisa didapatkan di pasar tradisional.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah nangka muda yang sudah direbus, kacang panjang mentah, dan juga bawang merah yang kemudian dicacak/dicincang.

Kemudian tambahkan bawang putih iris dan kepala parung yang sudah digoreng lalu dicampur atau dibejek-bejek menggunakan tangan.

"Setelah itu tambahkan bumbu seperti ketumbar, cabe, merica bubuk, pala, dan jangu, jangu ini untuk meredam bau kambingnya. Kalau biasanya orang Bali pakai daging babi bisa diganti dengan daging sapi atau kambing," kata dia di Denpasar, Rabu (28/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rempah Hilangkan Bau Amis Kambing

Proses paling menarik dari pembuatan lawar adalah pembuatan bumbu basa colok/basa kela atau bagian membuat bumbu bawang putih dan kencur (suna cekuh) dan juga dicampur bumbu rempah kelakar.

Selanjutnya proses pencampuran bahan sampai pada menggoreng bumbu (basa colok matang), terakhir semua bahan yang sudah dicincang dan digoreng itu dicampur rata kemudian baru dimasukkan daging kambing atau bagian kulit kambing yang sudah direbus dan juga dicincang.

"Ada jenis lawar merah dari Bali menggunakan darah babi, kalau lawar putih dari daging ayam, kambing, atau kerbau itu dagingnya direbus dan tidak memakai darah. Kekuatan bumbu berisi rempah bisa meredam atau menghilangkan bau amis daging kambing dan daging lainnya," ujar dia.

Sementara itu, Jro Paksi mengaku kuliner lawar kambing adalah olahan lezat yang perlu dicoba pada saat Hari Kurban, rasanya yang gurih pedas terasa lumer di mulut dan cocok dinikmati saat kumpul keluarga. Lawar kambing juga bisa dinikmati dengan semangkuk jukut undis (sayuran kacang-kacangan dicampur labu bumbu pedas) bersama nasi hangat.

"Cocoknya makan lawar kambing pake sayur jukut undis yang kuahnya agak pedas. silahkan saja dicoba resepnya, biasanya yang masak di Bali ini laki-laki dan mayoritas olahannya lebih enak," kata dia sembari berkelakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini