Sukses

PKT-GAMA BCC 2023, Mahasiswa Ditantang Berkompetisi Sambil Belajar Bisnis Berkelanjutan

Kompetisi ini juga menjadi "jembatan" untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari selama perkuliahan ke dunia kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Pupuk Kaltim menyelenggarakan kegiatan Business Case Competition (BCC) guna mempersiapkan mahasiswa menjadi pemimpin masa depan di Indonesia, terutama dalam mencapai keberlanjutan di bidang agribisnis melalui praktik-praktik Environmental, Social, and Governance (ESG) yang tepat.

Kegiatan yang menggandeng Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM), ini mengangkat tema 'Agribusiness Sustainability through ESG Developmen'. Mahasiswa tingkat S1 dan S2 dari berbagai universitas di Indonesia diajak untuk menguji kemampuan praktik bisnis mereka dan menerima pembekalan terkait praktik-praktik bisnis yang tepat.

Selain itu, kegiatan BCC ini juga menyelenggarakan workshop untuk melatih peserta dalam presentasi bisnis yang baik menggunakan Bahasa Inggris.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi menyampaikan pentingnya inovasi dalam bisnis yang tidak hanya mengutamakan profit, tetapi juga memperhatikan keberlanjutan lingkungan dalam sambutannya pada pembukaan PKT-GAMA BCC 2023.

"PKT sebagai pelopor transformasi hijau di industri petrokimia ingin memotivasi generasi muda untuk melahirkan inovator-industri masa depan yang meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses industri," ujarnya.

PKT telah lama menerapkan praktik-praktik ESG di seluruh lini bisnis dan operasional perusahaan. Mereka berupaya menurunkan emisi karbon dengan pengembangan komoditas ramah lingkungan, program pemberdayaan hutan, penggunaan energi terbarukan, dan lainnya.

Penerapan ESG yang tepat telah memberikan dampak positif baik dari segi pelestarian lingkungan maupun kinerja perusahaan. PKT juga telah meraih penghargaan-penghargaan bergengsi berkat implementasi ESG yang baik.

Sementara Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan pentingnya inovasi, keberlanjutan, dan kewirausahaan di kalangan generasi muda.

Ia menganggap kompetisi PKT-BCC 2023 sangat luar biasa dan menyebut bahwa inovasi, keberlanjutan, dan kewirausahaan sangat penting untuk kemajuan ekonomi dan karier di Indonesia, terutama dalam bidang agribisnis.

"PKT-GAMA Business Case Competition 2023 merupakan kolaborasi antara institusi pendidikan dan praktisi industri agrobisnis," jelasnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk menguji hard skill dan soft skill mahasiswa S1 dan S2 dari berbagai universitas di Indonesia agar siap terjun ke dunia kerja.

Kemudian kompetisi ini juga menjadi "jembatan" untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari selama perkuliahan ke dunia kerja. Kemampuan presentasi bisnis menjadi bagian terpenting dalam memaparkan analisis dan ide-ide bisnis kepada manajemen perusahaan atau instansi.

Ia berharap melalui kompetisi ini, para peserta dapat menjadi agen inovasi dalam mewujudkan bisnis yang memperhatikan prinsip pelestarian lingkungan, terutama di sektor agribisnis. Mereka berinvestasi dengan harapan mewujudkan pemimpin terbaik yang dapat mendukung ketahanan pangan nasional di masa depan.

Untuk pendaftaran kompetisi PKT-GAMA BCC 2023 bisa diakses website gamabcc.com

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.