Sukses

Kompetisi Perusahaan Ekspedisi, Apa Kabar PT Pos?

Penjualan secara online mendukung iklim berusaha bidang pengiriman barang. Dimana posisi PT Pos Indonesia?

Liputan6.com, Semarang - Perdagangan secara online semakin menjadi pilihan dan gaya hidup. Dalam kondisi seperti ini, perusahaan ekspedisi atau pengiriman barang berkembang sangat pesat. Bagaimana dengan PT Pos Indonesia sebagai perusahaan ekspedisi milik negara?

Tahun ini PT Pos Indonesia berumur 277 tahun. Usia yang sudah sangat renta namun sarat pengalaman. Di tengah sorotan kinerja BUMN yang dinilai banyak merugi Pos Indonesia bertranformasi dalam 7 bidang.

Program transformasi dan inovasi yang dijalankan mencakup aspek business, product and channel, process, technology, human capital, organization dan culture.

Menurut Tonggo Marbun, Direktur Human Capital Management PT Pos Indonesia, fungsi human capital menjadi kunci dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi.

"Banyak perubahan yang dilakukan Pos Indonesia untuk memperbaiki pengelolaan HC, organisasi dan budaya untuk mendukung pencapaian target bisnis perusahaan," kata Tonggo.

Transformasi itu membawa PT Pos Indonesia (Persero) mendapatkan penghargaan bergengsi Human Capital on Resilience Excellence Award 2023.

Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2023 merupakan penilaian tahunan di bidang human capital. HCREA bertujuan memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi departemen human capital di perusahaan dengan transformasi digital yang sangat cepat..

Tak tanggung-tanggung, Pos Indonesia mendapat penghargaan sebagai The Best Recruitment of Logistics Specialist, The Most Innovation HR, The Best Company of Culture and Employee Experience dan The Most Resilience Company 2023. Selain itu Tonggo Marbun selaku Direktur Human Capital Management juga berhasil menyabet penghargaan sebagai The Best Leadership Development Focus on HC.

"Ini prestasi seluruh teman-teman HC di Pos Indonesia," kata Tonggo Marbun.

Tonggo Marbun membuka sedikit rahasianya. Selama tahun 2022 dan semester 1 tahun 2023, HC Pos Indonesia fokus untuk mendukung arah bisnis perusahaan untuk mulai merambah ke bisnis logistik, enterprise, wholesale dan internasional.

Selain itu, Pos Indonesia fokus terhadap pengelolaan kinerja dengan membangun performance management system yang baru. Sistem yang dipakai memungkinkan pengelolaan pekerjaan lebih mudah dijalankan bagi karyawan dan manajemen, lebih adil dan transparan.

"Kami juga mulai membangun kompetensi digital melalui rekrutmen digital talent, mapping digital mindset karyawan, menetapkan direktori kompetensi digital, menyiapkan regulasi khusus digital talent dan melakukan pelatihan, sertifikasi dan bootcamp digital kepada karyawan," kata Marbun.

Usia paling tua dan paling berpengalaman dibanding kompetitor perusahaan sejenis. Jaringan juga paling kuat hingga mencapai seluruh pelosok Indonesia. Dengan transformasi yang dilakukan, diharapkan menjadi BUMN paling sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini