Sukses

6 Fakta Menarik Film Oppenheimer yang Diperankan Cillian Murphy

Simak fakta menarik film Oppenheimer yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Film Oppenheimer akan menjadi karya terbaru dari sutradara populer Christopher Nolan yang akan rilis pada Juli 2023 ini. Film biopik ini mengangkat kisah J Robert Oppenheimer seorang fisikawan yang dijuluki bapak bom atom.

Christopher Nolan mengisi kursi sutradara sekaligus penulis naskah untuk film Oppenheimer. Ia juga menjadi produser film ini bersama dengan Emma Thomas dan Charles Roven.

Syncopy dan Atlas Entertainment menjadi perusahaan yang memproduksi film ini, bersama dengan Universal Pictures sebagai distributor. Selain Cillian Murphy, film tersebut juga turut diperankan oleh Emily Blunt sebagai Katherine Oppenheimer, Robert Downey Jr sebagai Lewis Strauss, hingga Matt Damon sebagai Leslie Groves.

Selain itu, film tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan dari Rami Malek, Florence Pugh, Tom Conti, dan Kenneth Branagh. Sebelum nonton filmya, simak fakta menarik film Oppenheimer yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Sinopsis Film Oppenheimer

Oppenheimer merupakan seorang ilmuan di bidang Fisika Teoritis yang membuat sebuah projek besar bernamakan Proyek Manhattan bersama manajer dari Laboratorium Los Alamos. Melalui proyek ini, sang ilmuwan bertujuan untuk menciptakan bom atom yang menjadi senjata nuklir berbahaya ketika Perang Dunia berlangsung.

Proyek Manhattan sendiri dipimpin oleh Amerika Serikat yang mendapatkan bantuan dari Kanada serta Britania Raya. Oppenheimer pun terpilih menjadi pemimpin proyek ini dengan Jenderal Leslie R Groves.

Dana yang dikeluarkan untuk proyek ini sendiri pun sangat besar, yaitu menyentuh angka sekitar Rp2 miliar pada kurs dolar tahun 2004. Dalam proyek ini juga, 130.000 orang terlibat langsung dan hasil dari penemuan tersebut dijatuhkan di Jepang pada tahun 1945.

Akibat pemboman tersebut, lebih dari 146.000 warga sipil dan 20.000 lebih tentara tewas karena daya ledakan bom atom yang menyentuh 20 kilo ton dan 15 kilo ton TNT. Ternyata, dampak besar yang diberikan bom atom ini membuat Oppenheimer menyesal dan mulai menyerukan bahwa setiap pihak yang terlibat harus berdamai.

Karena tindakannya tersebut, kesetiaan serta kredibilitas Oppenheimer pun dipertanyakan. Akhirnya ia harus menghadapi sidang pemeriksaan dan kehilangan jabatannya sebagai penasihat pemerintah dalam bidang keamanan.

Walaupun begitu, Komisi Energi Atom pun segera menyadari bahwa tindakan mereka sangat tidak adil setelah Oppenheimer berhasil menemukan bom atom tersebut. Pada tahun 1963, akhirnya Oppenheimer mendapatkan penghargaan Enrico Fermi yang diberikan oleh Presiden Lyndon Baines Johnson atas usulan dari Komisi Energi Atom.

2. Tidak Menggunakan Efek CGI Sama Sekali

Sebelum memproduksi film Oppenheimer, Christopher Nolan memang dikenal tidak terlalu menyukai CGI. Banyak adegan ikonik di film-filmnya yang ternyata hanya menggunakan practical effect.

Proses produksi film Oppenheimer tidak hanya berfokus pada efek praktikal, tetapi juga penggunaan nol CGI dalam pengambilan gambarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makna Adegan Hitam Putih

3. Makna Adegan Hitam Putih

Penggunaan adegan hitam-putih dan berwarna oleh Oppenheimer merepresentasikan pergeseran perspektif. Adegan hitam-putih bersifat objektif. Itu adalah momen dalam sejarah yang tidak dipengaruhi oleh opini atau emosi.

Sementara itu, adegan berwarna Oppenheimer membentuk sebagian besar film dan merupakan elemen subjektif dari cerita, serta perspektif Oppenheimer sendiri. Adegan-adegan ini merupakan sudut pandang orang pertama dan bukan merupakan fakta sejarah yang sebenarnya dari kisah Oppenheimer, melainkan sisi yang diadaptasi.

4. Dibintangi 5 Pemenang Oscar

Dari trailernya, terlihat beberapa aktor Hollywood grade A turut membintangi film ini. Tentunya, mulai dari pemeran Oppenheimer sendiri, aktor favorit Nolan, Cillian Murphy.

Selain itu, juga ada Emily Blunt sebagai Katherine ‘Kitty’ Oppenheimer, Matt Damon sebagai Leslie Groves, Robert Downey Jr sebagai Lewis Strauss, dan Florence Pugh sebagai Jean Tatlock. Aktor-aktor lain juga ikut andil seperti Josh Peck hingga Jack Quaid.

5. Film Berdurasi 3 Jam

Kabarnya, film Oppenheimer akan berdurasi 3 jam 9 detik. Sebelumnya, film terpanjang yang dibuat Christopher Nolan adalah Interstellar, yang berdurasi 2 jam 49 menit.

6. Hasil Adaptasi dari Buku Peraih Pulitzer

Film Oppenheimer ternyata diadaptasi dari buku berjudul American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J Robert Oppenheimer. Buku ini merupakan karya dari Martin Sherwin dan Kai Bird yang berhasil meraih penghargaan bergengsi pada tahun 2006.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini