Sukses

Cara Mudah Menilai Sifat dan Karakter Seseorang dari Gestur Tubuh

Gestur tubuh digunakan oleh seseorang untuk berkomunikasi atau menyampaikan pesan tanpa menggunakan kata-kata secara verbal

Liputan6.com, Jakarta Menilai sifat seseorang tak hanya dilihat dari kebiasaan dan frekuensi berinteraksi dengan orang lain. Gestur tubuh manusia menjadi salah satu tanda seseorang bisa memahami sifat dan karakter orang lain.

Dirangkum dari berbagai sumber, menilai sifat seseorang berdasarkan gestur tubuh merupakan suatu bentuk analisis nonverbal yang dilakukan dengan mengamati gerakan fisik, postur, dan ekspresi seseorang. Gestur tubuh mengacu pada bahasa tubuh atau ekspresi fisik.

Gestur tubuh digunakan oleh seseorang untuk berkomunikasi atau menyampaikan pesan tanpa menggunakan kata-kata secara verbal. Gestur tubuh dapat menjadi bagian penting dari komunikasi antarmanusia.

Sebab, mereka dapat menyampaikan pesan yang kuat dan memberikan tambahan informasi yang tidak terucapkan dalam kata-kata.

Berikut adalah beberapa contoh umum mengenai bagaimana menilai seseorang dari gestur tubuh. Meskipun interpretasi dapat bervariasi tergantung pada konteks dan budaya:

Bahasa Tubuh Terbuka

Orang yang memiliki postur tubuh terbuka, seperti lengan terbuka, dada terbuka, dan sikap santai, sering dianggap sebagai individu yang ramah, percaya diri, dan terbuka terhadap interaksi.

Kontak Mata

Tingkat kontak mata seseorang dapat memberikan indikasi mengenai tingkat ketertarikan, kepercayaan diri, atau kejujuran mereka. Kontak mata yang kuat sering diartikan sebagai tanda kejujuran dan keterlibatan, sementara kurangnya kontak mata dapat diartikan sebagai kurangnya ketertarikan atau rasa tidak nyaman.

Gerakan Tangan

Gerakan tangan dapat mengungkapkan berbagai emosi dan intensitas komunikasi. Misalnya, gerakan tangan yang luwes dan teratur dapat diartikan sebagai kepercayaan diri, sedangkan gerakan tangan yang canggung atau tidak teratur mungkin menunjukkan ketidakpastian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gestur Tubuh

Postur Tubuh

Postur tubuh seseorang dapat memberikan petunjuk tentang tingkat kenyamanan, kepercayaan diri, atau keterbukaan. Seseorang yang berdiri tegak dengan bahu yang diangkat biasanya terlihat lebih percaya diri dibandingkan dengan seseorang yang membungkuk atau menyender.

Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah adalah aspek penting dalam membaca gestur tubuh. Misalnya, senyum yang tulus sering diartikan sebagai tanda kehangatan dan kebahagiaan, sementara ekspresi tegang atau murung mungkin menunjukkan ketidakpuasan atau kecemasan.

Gerakan Kaki

Mengayunkan kaki secara cepat atau mengubah posisi kaki dapat menunjukkan kegelisahan atau ketidaknyamanan.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini