Sukses

Terhipnotis Pemandangan Alam Pegunungan Telomoyo yang Menawan

Pegunungan Telomoyo menjadi tujuan wisata bagi para pencinta alam, untuk mendaki atau sekadar menghabiskan akhir pekan.

Liputan6.com, Magelang - Gunung Telomoyo merupakan salah satu gunung yang berada di perbatasan Semarang dan Magelang, wilayah ini menyajikan pemandangan yang indah. Karena itu, wilayah ini kerap dijadikan alternatif berlibur untuk yang sedang galau dirundung masalah seperti urusan percintaan atau sumpeknya suasana pekerjaan.

Gunung Telomoyo memiliki ketinggian 1.894 mdpl yang merupakan gunung api dengan bentuk kerucut (strato), jalan menuju puncak gunung ini diaspal sehingga bisa dilalui menggunakan kendaraan.

Menuju puncak gunung itu di pertengahan jalan kita tak hanya disajikan pemandangan alam tapi, akan bertemu dengan air terjun kecil di tengah jalan dengan suasana pemandangan perkampungan Telomoyo dan banyak ditemukan saluran pemancar radio di sepanjang jalan itu.

Tak hanya itu, ditanjakan menuju puncak Gunung Telomoyo kita juga akan disajikan pemandangan megah dua gunung besar lainnya, yakni Gunung Sumbing, Sindoro, dan Gunung Prau. Wilayah Jawa Tengah memang surganya gunung megah dan pemandangan indahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tujuan Wisata

Jangan heran setiap hari libur besar atau akhir pekan, jalan-jalan menuju puncak Gunung Telomoyo selalu ramai pengunjung seperti yang dilakukan oleh Alfa Dwi Anggita Perkasa (30) wisatawan asal Jember.

Alfa yang datang bersama rekannya itu menaiki kereta dari Banyuwangi dan berganti kereta di Stasiun Gubeng Surabaya lalu turun di Stasiun Balapan Solo, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jogjakarta menggunakan kereta.

Sesampainya di Jogjakarta dirinya menyewa hotel dan menginap semalaman, keesokan paginya dengan berbekal motor yang disewanya meunuju ke daerah pegunungan Telomoyo.

"Sudah sejak tahun lalu ingin ke sini (Telomoyo) tapi belum dapat cuti kerja dan baru bisa sekarang datang. Pemandangan alamnya bikin hati adem, seketika lupa lagi patah hati," katanya sembari bergurau, Selasa (18/7/2023).

Menurutnya, pemandangan alam menuju puncak Telomoyo berbeda serasa berada bukan di wilayah Indonesia. Ia mengaku sepanjang perjalanannya benar-benar disuguhi pemandangan indah dan unik, masih di sekitarnya bisa juga mengunjungi wilayah lain yang dikenal dnegan julukan 'Neval Van Java'. Dengan menempuh waktu 1 jam pengunjung bisa sampai di wilayah ini.

"Kalau dari Jogjakarta bisa searah dengan daerah Nepal Van Java di daerah Kaliangkrik, tapi naik lagi ke atas 1 jam. Ada jasa ojek juga menuju ke sana. Pemandangan menghipnotis jadi gak pengin balik Jember. Saya bakal jadwalkan ke sini lagi nanti," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Liburan Ramah Kantong

Alfaa menyebut tiket masuk menuju puncak Telomoyo hanya Rp10 ribu, sepanjang perjalanan tersebut juga terdapat banyak rest area dan juga kedai-kedai yang menjual makanan dan minuman dengan bonus pemandangan indah di belakang kedai atau warung mereka.

"Banyak warung di sepanjang jalan menuju atas, biasanya warungnya menyediakan spot foto denga view suasana perkampungan di pegunungan Telomoyo," ungkap Alfa.

Dengan merogoh kocek tak sampai 200 ribu dirinya bersama satu rekannya itu menikmati liburan selama seharian di Telomoyo dan mengabadikannya di ponselnya sebagai oleh-oleh usai liburan dari Telomoyo.

"Tiket 2 tempat dan 2 orang Rp40 ribu, bensin Rp60 ribu, dan makan di sekitar puncak gak sampai Rp70 ribu. Kalau total dari Jember ke sini PP Rp400 ribu sudah bisa liburan ke luar kota," pungkasnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini