Sukses

10 Fakta Menarik Tentang Anjing 'Si Hewan Setia'

Anjing adalah binatang yang terkenal paling setia terhadap manusia, bahkan ada banyak cerita tentang kesetian anjing yang dijadikan sejarah dari suatu tempat.

Liputan6.com, Solo - Anjing adalah hewan yang dikenal sebagai binatang penjaga rumah, anjing bisa mendeteksi keberadaan orang-orang jahat di sekitar rumah pemiliknya. Bahkan, tak hanya sebagai binatang penjaga, anjing juga memiliki banyak kelebihan dan ada jenis-jenis anjing yang diperjualbelikan dengan harga sangat fastastis.

Anjing merupakan hewan setia yang lucu, tetapi banyak juga jenis anjing yang banyak ditakuti manusia lantaran belum mengetahui sisi lain dari anjing itu tersebut. 

Liputan6.com merangkum beberapa fakta-fakta menarik yang dikutip dari situs anjingkita.com:

1. Hewan Cerdas

Anjing menjadi salah satu hewan atau binatang cerdas lantaran bisa mengingat 200 kosakata. Namun, level kepintaran anjing juga bisa dilihat dari jenis ras anjing tersebut. Jadi, jangan menyamakan kecerdasaan anjing satu dengan lainnya ya, karena mereka memiliki level kepintaran yang berbeda-beda.

2. Mencium 1.000 Aroma

Hewan ini bisa mencium 1.000 kali aroma, bahkan kelebihannya ini jauh lebih baik dibandingkan manusia. Anjing bisa membedakan aroma, mencium narkoba, anjing bahkan mampu mendeteksi sel kanker yang letaknya ada di dalam tubuh manusia dari baunya, bahkan dia bisa menemukan potongan jenazah di puing-puing reruntuhan gedung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hewan Cerdas

3. Bisa Bermimpi

Layaknya manusia anjing juga bisa bermimpi lho. Mereka bahkan bisa bermimpi indah dan juga buruk, bahkan mereka juga bisa mengigau.

4. Mengungkapkan Perasaan

Anjing akan mengungkapkan perasaannya dengan cara menggoyang-goyangkan ekornya.

5. Berkeringat

Kendati hampir seluruh tubuhnya tertutupi dengan bulu, anjing ternyata juga bisa berkeringat. Anjing berkeringat melalui telapak kakinya.

6. Makan Kotoran Sendiri

Tak semua anjing seperti ini yakni memakan kotorannya sendiri, hanya sebagian kecil aja anjing yang melakukannya. Tetapi, memang ditemukan ada anjing yang memakan kotorannya sendiri.

 

3 dari 3 halaman

Deteksi Bencana Alam

7. Pendeteksi Bencana Alam

Dengan kemampuannya memiliki indra penciuman mencapai 10 ribu hingga 100 ribu kali manusia, anjing menjadi salah satu hewan yang bisa mendeteksi akan adanya bencana alam yang datang seperti gempa bumi, hujan angin, tsunami atau tornado.

8. Anjing Dewasa

Guna mengetahui umur anjing sudah dewasa biasanya pemilik anjing harus menunggu satu tahun untuk menyatakan anjingnya dewasa. Ada beberapa jenis anjing seperti great dane dan saint bernard yang harus membutuhkan waktu dua tahun untuk dinyatakan sebagai anjing dewasa.

9. Menstruasi

Anjing juga mengalami menstruasi dan pada saat itulah mereka mengalami masa subur. Dalam satu tahun mereka bisa mengalami dua kali masa subur. Anjing jantan hanya akan mengalami birahi ketika anjing betina sedang menstruasi, di mana kurang lebih selama 21 hari anjing betina mengalami menstruasi.

10. Hidung Seperti Sidik Jari Manusia

Setiap hidung anjing akan memiliki alur berbeda seperti alur pada sidik jari manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.