Sukses

10 Tips Mendapat Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Mengalami kesulitan tidur atau insomnia bisa menjadi masalah yang mengganggu kesehatan dan kualitas hidup seseorang

Liputan6.com, Jakarta - Tidur adalah waktu istirahat bagi tubuh. Selama tidur, tubuh memiliki kesempatan untuk memulihkan energi yang telah digunakan sepanjang hari.

Tidur dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahan fisik terhadap seseorang. Mengalami kesulitan tidur atau insomnia bisa menjadi masalah yang mengganggu kesehatan dan kualitas hidup seseorang.

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental kita. Tidur teratur membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Saat tidur, tubuh memproduksi dan melepaskan sitokin, yaitu protein yang berperan dalam respons kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan peradangan. Menjaga tidur teratur, dapat merasakan manfaat secara menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari.

Berkontribusi pada kesehatan jangka panjang secara keseluruhan bagi tubuh seseorang.

Berikut adalah sepuluh tips yang dapat membantu Anda cepat tidur dan meningkatkan kualitas tidur Anda:

Tetapkan Jadwal Tidur yang Teratur

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Menjaga jadwal tidur yang konsisten membantu mengatur ritme sirkadian tubuh Anda.

Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Pastikan kamar tidur Anda nyaman, gelap, dan sejuk. Matikan lampu dan hindari perangkat elektronik yang dapat mengganggu tidur, seperti ponsel atau televisi.

Hindari Makan Malam yang Berat

Jangan makan makanan berat atau mengonsumsi minuman berkafein, minuman beralkohol, atau minuman berenergi sebelum tidur. Makan malam ringan bisa membantu mencegah gangguan pencernaan yang bisa mengganggu tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidur Berkualitas

Lakukan Relaksasi Sebelum Tidur

Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga beberapa saat sebelum tidur. Ini membantu menenangkan pikiran Anda dan mempersiapkan tubuh untuk tidur.

Batasi Paparan Layar

Hindari penggunaan perangkat elektronik, seperti ponsel, tablet, atau laptop, minimal satu jam sebelum tidur. Cahaya biru yang dipancarkan layar perangkat bisa mengganggu produksi hormon melatonin, yang mengatur tidur.

Cobalah Aromaterapi

Beberapa aroma, seperti lavender atau minyak esensial chamomile, dapat membantu menenangkan dan merilekskan pikiran Anda sebelum tidur.

Tetapkan Batas Waktu untuk Berpikir Tentang Masalah

Jika Anda cenderung memikirkan masalah sebelum tidur, tetapkan waktu khusus untuk "waktu khawatir" dalam sehari. Selama waktu ini, pikirkan masalah-masalah tersebut dan cobalah cari solusi. Setelah waktu khawatir berakhir, hindari berpikir tentang masalah-masalah tersebut saat di tempat tidur.

Lakukan Aktivitas Fisik secara Teratur

Olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena dapat menyebabkan tingkat energi yang tinggi dan mengganggu tidur.

Batasi Waktu Tidur Siang

Tidur siang yang berlebihan dapat mengganggu pola tidur malam hari. Jika Anda perlu tidur siang, usahakan untuk tidak tidur lebih dari 30 menit.

Hindari Merenungkan Kesulitan Tidur

Jika Anda kesulitan tidur, jangan terlalu fokus pada hal itu. Rasa stres dan kecemasan terkait tidur dapat memperburuk masalah tidur. Cobalah bersikap sabar dan tetap tenang, ingatlah bahwa tidur adalah proses alami.

Ingatlah bahwa setiap orang berbeda, dan mungkin tidak semua tips di atas cocok untuk Anda. Cobalah beberapa tips ini dan temukan apa yang paling efektif bagi Anda untuk membantu menciptakan rutinitas tidur yang baik dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Jika masalah tidur Anda berlanjut, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.