Sukses

Mengenal Sosok Duta Sheila on 7 yang Lebih Nyaman Pakai Bahasa Jawa

Sosok Duta merupakan vokalis grup band Sheila On 7 kelahiran 30 April 1980 di Lexington, Kentucky USA.

Liputan6.com, Jakarta - Akhdiyat Duta Modjo atau yang lebih akrab dipanggil Duta belakangan menjadi banyak perbincangan dunia maya. 

Sosok Duta merupakan vokalis grup band Sheila On 7 lahir 30 April 1980 di Lexington, Kentucky, USA. Duta sempat berkuliah di Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian UGM Yogyakarta angkatan 1997. Namun, ia tidak menyelesaikan kuliahnya karena kesibukan berkarier dengan band Sheila on 7.

Pada 2004, Duta ikut serta dalam album milik Erwin Gutawa bertajuk "Salute to Koes Plus/Koes Bersaudara". Ia sempat menjadi juri di salah satu ajang pencarian bakat penyanyi cilik di salah satu stasiun televisi Indonesia. 

Duta kemudian menikah dengan mantan model Adelia Lontoh. Ia dikaruniai dua anak bernama Aisha dan Ayman. 

Dikenal dengan gaya yang santai dan berbeda dari artis-artis lainnya, Duta memiliki cara berbicara yang masih kental dengan logat daerah asalnya, yakni Yogyakarta.

Ia pernah mengungkapkan alasan mengapa merasa lebih nyaman saat menggunakan bahasa Jawa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Logat Jawa

"Misalnya mau di mana? Mau kita main di luar negeri, ada orang Jawa saya ngerasa lebih kayak di rumah kalau kita ngomong bahasa Jawa," tutur Duta, dikutip dari kanal YouTube Salim A Fillah.

Duta mengungkapkan seperti dalam lirik lupakan saja diriku, ia mengaku dialeknya medok. Namun, samar saat didengar dan tidak ada komplain dari produser. 

"Kalau teman-teman lihat di album pertama saya itu di beberapa lagu, coba dengerin lagi satu lagu ini saja. 'Lupakan saja diriku' nah itu di sajanya kan," sambung Duta.

"Buktinya itu rilis kan, produser sekali pun waktu itu menurutku dia enggak komplain. Mungkin ya Jawa banget, tapi enggak terlalu keliatan bangetlah," ujar vokalis yang kini berusia 43 tahun tersebut.

Dan bagi vokalis Sheila on 7 ini, ketika ia menggunakan bahasa Jawa ia merasa seperti ada di rumah. 

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.