Sukses

Event Batam 10K, Ajang Sport Tourism Tarik Wisatawan Lokal dan Internasional

Kegiatan olahraga berbalut pariwisata atau sport tourism ini digelar ketika Kota Batam baru beranjak dari persoalan pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Batam kembali menggelar Event Batam 10K, acara lomba lari maraton sejauh 10 kilo meter yang digelar secara meriah di halaman parkir Hotel Santika Batam.

Kegiatan yang digelar pada Minggu, 23 Juli 2023 dimeriahkan oleh ratusan peserta, termasuk 35 turis mancanegara.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengatakan kegiatan olahraga berbalut pariwisata atau sport tourism ini digelar ketika Kota Batam baru beranjak dari persoalan pandemi Covid-19.

"Pada 2023 ini kegiatan Batam 10K diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah, mulai dari Aceh, Medan, Tanjungpinang, Batam, dan banyak lagi," ujarnya.

Peserta dari Medan dan Aceh berhasil menjadi juara dalam lomba lari 10k ini. Dimana masing-masing pemenang mendapatkan medali, uang tunai, dan merchandise dari sponsor. Selain lomba lari, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh penampilan musik, zumba, serta lucky draw berhadiah puluhan juta Rupiah, termasuk sepeda motor listrik.

Melalui sebuah kiriman video, Menparekraf, Sandiaga Uno memberikan apresiasi kepada penyelenggara atas inovasi, kolaborasi dan adaptasi dalam menyelenggarakan kegiatan Batam 10K ini.

Pertumbuhan sport tourism di Indonesia diperkirakan bisa mencapai Rp18,790 triliun pada 2024 mendatang. Tentu angin segar ini menjadi langkah awal dalam membangkitkan pariwisata dan ekonomi di Indonesia, sekaligus membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Public Relations Hotel Santika Batam, Yossie Christiy Thenu yang menjadi sponsor utama kegiatan, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan agar datang ke kota itu.

"Pariwisata Batam semakin berkembang dan mendatangkan banyak turis dan pastinya menguntungkan untuk industri pariwisata di Kota Batam," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini