Sukses

Raih Streaming Spotify Terbanyak di Dunia, BTS Menyalip Coldplay hingga The Beatles

BTS memiliki jumlah streaming sebanyak 35 miliar.

Liputan6.com, Bandung - Idol group asal Korea Selatan, BTS menyalip band asal Inggris, Coldplay hingga The Beatles sebagai grup yang meraih streaming terbanyak di dunia.

Padahal idol group yang terdiri dari 7 member yakni RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook ini sedang hiatus dan para anggota sedang menjalani aktivitas solo, maupun wajib militer.

Salah satunya Jungkook BTS yang menorehkan prestasi luar biasa dengan lagu solo pertamanya, "Seven". Dirilis 14 Juli 2023, lagu ini sukses menduduki pucak tangga lagu Billboard Hot 100.

Dicuplik dari laman Kpop Chart, Selasa, 25 Juli 2023, idol group yang sudah bertahan 10 tahun ini berhasil mendapatkan jumlah streaming di Spotify yakni mencapai 35 miliar streaming.

Sebelumnya, pada 2018 lalu, BTS memang sudah mencapai streaming dalam jumlah yang cukup tinggi yaitu 3 miliar Streaming di Spotify.

Selang lima tahun BTS kembali meraih jumlah streaming di Spotify yang cukup fantastis. Dengan jumlah yang tinggi tersebut membuat BTS menjadi satu-satunya grup dalam sejarah yang meraih pencapaian tersebut.

Berikut 10 top streaming terbanyak sepanjang sejarah Spotify sebagai berikut :

1. BTS milik jumlah streaming 35 miliar

2. Coldplay milik jumlah streaming 26,6 miliar

3. Imagine Dragons milik jumlah streaming 25,9 miliar

4. Maroon5 milik jumlah streaming 22,8 miliar

5. Queen milik jumlah streaming 19,1 miliar

6. One Direction milik jumlah streaming 18,1 miliar

7. The Chainsmokers milik jumlah streaming 17,1 miliar

8. The Beatles milik jumlah streaming 16,2 miliar

9. Linkin Park milik jumlah streaming 15,6 miliar

10. Arctic Monkeys milik jumlah streaming 14,8 miliar

Dari top sepuluh tersebut, BTS menjadi satu-satunya grup K-Pop yang mengambil posisi di antara jejeran grup legenda dunia.

Prestasi ini semakin membuat ARMY, fandom BTS semringah. Ini disebabkan BTS selalu berhasil meraih semua yang belum pernah diraih boy group dari Korea Selatan.

Dengan usia grup yang sangat muda yakni 10 tahun, BTS selalu menjadi pembuka dan menemukan sejarah-sejarah baru. Dilansir laman Kepoper, BTS memulai debutnya pada 13 Juni 2013, di bawah naungan Big Hit Entertainment, dengan single utama ‘No More Dream’ di album ‘2 Cool 4 Skool’.

Julukan atau nama fandom BTS adalah A.R.M.Y (Adorable Representative MC for Youth) dengan warna official light stick BTS yaitu perak abu-abu berlampu ungu.

Sekilas profil member BTS :

1. RM BTS

Pemilik nama lengkap Kim Namjoon, lahir di Ilsan, Gyeonggi 12 September 1994, menyandang nama panggung RM, atau Rap Monster.

Sebelum debut, RM sudah sering tampil sebagai seorang underground rapper, dengan beberapa lagu dirilis secara informal, termasuk sebuah kolaborasi dengan Zico (Block B).

2. Jin BTS

Pemilik nama lengkap Kim Seok Jin, lahir di Anyang, Gyeonggi 4 Desember 1992, menyandang nama panggung Jin. Namun ada juga nama panggilan lain Jin yaitu Fake Maknae, Worldwide Handsome, Eat Jin.

Pada tahun 2015, Jin dijuluki Car Door Guy yang berasal dari dirinya yang keluar dari mobil dan membuat takjub para penggemar dengan ketampanannya.

3. Suga BTS

Pemilik nama lengkap Min Yoon Gi, lahir di Buk-gu, Daegu 9 Maret 1993, menyandang nama panggung Suga. Suga merupakan nama panggung pemberian CEO Bighit karena dia pucat dan senyumnya manis seperti gula.

Member BTS sering memanggilnya “kakek” karena dia tidur sepanjang waktu dan kerap kali ngambekan.

4. J-Hope BTS

Pemilik nama lengkap Jung Ho Seok, lahir di Gwangju 18 February 1994, menyandang nama panggung J-Hope. Sebelum debut, J-Hope menjadi bagian dari tim dance jalanan, yang bernama NEURON.

Diceritakan pula J-Hope dan Zelo dari B.A.P pergi ke akademi yang sama untuk belajar rap dan dance di Gwangju.

5. Jimin BTS

Pemilik nama lengkap Park Ji Min, lahir di Busan 13 Oktober 1993, menyandang nama panggung Jimin. Sebelum debut, Jimin masuk ke Busan High School of Arts sebagai siswa top dalam tarian modern, tapi kemudian pindah ke Korea Arts High School dengan V.

Jimin adalah pembaca pidato perpisahan di tahun-tahun pra-debutnya (siswa peringkat teratas alias si nomor 1) dan dia juga jadi ketua kelas selama 9 tahun.

6. V BTS

Pemilik nama lengkap Kim Tae Hyung, lahir di Daegu 30 Desember 1995, menyandang nama panggung V.

Sebelum debut, V pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Seni Korea (Korea Art School, Global Cyber University. Dia juga jago berbahasa Jepang.

7. Jungkook BTS

Pemilik nama lengkap Jeon Jeong-guk, lahir di Busan 1 September 1997, menyandang nama panggung Jungkook.

Pendidikan yang telah dilalui oleh Jungkook antara Sekolah Seni Pertunjukan Seoul, Global Cyber University, lulus bulan Februari 2017. Sebelumnya bersekolah di SMP Baek Yang.

BTS terus menoreh prestasi dan tetap mempertahankan kepopularitasnya di tengah-tengah masa hiatus. Selamat buat seluruh ARMY!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini