Sukses

Profil Bojan Hodak, Pelatih Baru Persib Pengganti Luis Milla

Persib telah resmi merekrut pelatih baru yaitu Bojan Hodak yang mempunyai karier melatih berpengalaman di Asia.

Liputan6.com, Bandung - Klub Liga 1 Persib Bandung telah resmi merekrut pelatih baru asal Kroasia, Bojan Hodak. Sosok Bojan kini resmi menggantikan Luis Milla yang mengundurkan diri usai pertandingan pekan ketiga Liga 1 2023/2024 lalu.

Informasi perekrutan Bojan Hodak diumumkan langsung di media sosial Instagram Persib pada Rabu (26/7/2023) pagi ini. Kini Bojan Hodak akan menjadi pelatih Persib dan memimpinnya dalam kompetisi Liga 1 musim ini.

Dobrodosli Bojan Hodak. Wilujeng sumping Bojan Hodak. Pelatih berkebangsaan Kroasia ini akan memimpin #PERSIB dalam melanjutkan kompetisi Liga 1 musim ini. Semoga sentuhan magisnya bisa membawa #PERSIB bangkit dan berprestasi,” tulis akun @persib.

Melansir dari situs resmi Persib, Bojan Hodak sebelumnya pernah menjadi pelatih klub Malaysia yaitu Kuala Lumpur FC. Ia juga mempunyai reputasi yang baik salah satunya sukses meloloskan Kuala Lumpur FC ke final Piala Malaysia tahun ini.

Selain itu, Hodak juga pernah menjadi pelatih PSM Makassar di Liga 1 2020. Namun, sempat terhenti karena adanya pandemi Covid-19.

Kini sosoknya menjadi harapan klub Persib dan para penggemar untuk melatih tim berjuluk Maung Bandung tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Bojan Hodak

Mengutip dari Transfermarkt, Bojan Hodak adalah seorang pria kelahiran 4 Mei 1971 di Zagreb. Pria berkewarganegaraan Kroasia tersebut sudah mempunyai perjalanan panjang menjadi pelatih sepak bola terutama di Asia.

Sebelum menjadi pelatih sepak bola, Hodak berposisi sebagai pemain bek tengah dan berkarier di tim junior Trnje pada 1984 hingga 1990. Kemudian ia pindah ke Vrapce sekitar tahun 1990 hingga 1994.

Hodak sering berganti-ganti klub dan pernah merantau ke Singapura dengan bergabung dengan tim Balestier Central pada 1997. Setahun kemudian ia pindah ke Jurong FC dan sempat bermain dengan Hong Kong Rangers pada 1999.

 

3 dari 3 halaman

Karier Pelatih

Karier kepelatihannya dimulai dengan melatih Klub Liga Malaysia yaitu UPB MyTeam pada 2006-2009. Kemudian direkrut oleh klub Kamboja Phnom Penh Crown pada 2011.

Bojan Hodak juga sempat menjadi asisten pelatih Shandong Luneng selama kurang lebih empat bulan. Setelah itu ia kembali ke Malaysia dan menjadi pelatih untuk Kelantan 2012-2013, Johor Darul Tazim 2014-2015, dan Timnas Malaysia U-19 pada 2017-2019.

Dalam kariernya menjadi pelatih, Hodak terbilang sukses terutama meraih Piala FA Malaysia sebanyak dua kali. Tidak hanya itu, ia juga sukses meraih Malaysian Cup dan mempunyai pengalaman melatih yang cukup banyak di Asia.

Hodak sempat menarik PSM Makassar untuk menjadikannya pelatih pada Liga 1 2020 tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama karena adanya pandemi Covid-19. Meskipun begitu, kini Bojan direkrut oleh Persib Bandung untuk menjadi pelatih menggantikan Luis Milla.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini