Sukses

5 Fakta Menarik Ikan Oarfish yang Dijuluki Ikan Kiamat

Berikut fakta menarik mengenai ikan oarfish atau ikan kiamat

Liputan6.com, Yogyakarta - Laman media sosial dibuat gempar dengan video viral yang memperlihatkan kemunculan sebuah ikan langka bernama oarfish. Kemunculan ikan jenis ini kerap dikaitkan dengan tanda munculnya bencana alam hingga datangnya hari kiamat.

Penampakan ikan berwarna perak yang panjang itu kerap dianggap sebagai tanda bencana tsunami yang akan datang. Namun, video tersebut memperlihatkan sang ikan oarfish terlihat terluka.

Ikan kiamat sangat jarang terlihat di alam liar karena ia lebih menyukai perairan dengan kedalaman sekitar 650 kaki hingga 3.300 kaki. Namun, kadang-kadang, ia juga akan muncul ke permukaan.

Berikut fakta menarik mengenai ikan oarfish atau ikan kiamat yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Memiliki Tulang Terpanjang di Dunia

Oarfish raksasa adalah spesies ikan bertulang terpanjang yang diketahui hidup, dengan panjang mencapai 56 kaki atau sekira 17 meter. Beratnya bisa mencapai 600 pon atau sekira 270 kilogram.

Ikan berwarna keperakan ini kadang-kadang disebut "raja ikan haring" karena kemiripannya dengan ikan yang lebih kecil. Tetapi, mereka dinamai oarfish karena sirip dada mereka yang panjang, yang menyerupai dayung.

Beberapa orang juga menyebutnya ikan pita karena bentuk tubuhnya.

2. Memiliki Cita Rasa yang Unik

Tidak banyak yang diketahui tentang oarfish karena mereka jarang terlihat hidup. Meskipun para nelayan terkadang menariknya ke dalam jaring sebagai tangkapan sampingan yang tidak diinginkan.

Menurut situs web National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), orang-orang yang telah mencoba memakannya, mengatakan bahwa dagingnya lembek dan lengket.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tidak Berbahaya

Meskipun oarfish memiliki mitos yang menyeramkan, mereka tidak berbahaya bagi manusia. Oarfish memakan plankton kecil dan memiliki lubang kecil pada sistem pencernaannya.

Mereka bahkan tidak memiliki gigi asli, melainkan memiliki struktur tipis yang disebut gill rakers untuk menangkap organisme kecil.

4. Tidak Bersisik

Tidak seperti ikan bertulang lainnya, oarfish tidak memiliki sisik. Sebaliknya, mereka memiliki tuberkel dan lapisan keperakan dari bahan yang disebut guanin.

Meskipun mereka beradaptasi untuk bertahan hidup di bawah tekanan tinggi, di permukaan kulit mereka lembut dan mudah rusak.

5. Tidak Memiliki Status Konservasi

Meskipun ikan oarfish diasumsikan langka secara alami. Ilmuan kesulitan untuk mempelajarinya di habitat alami mereka, yaitu pada wilayah laut dalam.

Namun, para ilmuwan untuk menilai status konservasinya atau kemungkinan terancam punah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini