Sukses

Mengenal Sosok Arifin yang Namanya Diabadikan sebagai Nama Jalan di Solo

Jalan Arifin Solo memiliki ciri ruas jalan yang unik karena jalan yang semakin ke utara semakin menyempit.

Liputan6.com, Solo - Jalan Arifin di Kota Solo memiliki ruas jalan yang cukup panjang. Jalan ini membentang dari Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan hingga ke utara mengarah ke Jalan Margoyudan.

Jalan Arifin Solo memiliki ciri ruas jalan yang unik karena jalan yang semakin ke utara semakin menyempit. Jalan ini semakin menyempit dari pertigaan SMPN 13 Solo hingga ke utara menuju Jalan Margoyudan.

Tak banyak yang tahu sosok Arifin yang namanya dijadikan sebagai nama jalan tersebut. Mengutip dari surakarta.go.id, kisah Arifin berkaitan dengan pendudukan tentara Jepang di Solo pada 1945.

Saat itu, tentara Kekaisaran Jepang memiliki kesatuan polisi militer bernama Kenpeitai atau Kempeitai. Usai Jepang kalah perang dari Amerika dan sekutunya, upaya perundingan pun dilakukan di Solo pada 12 Oktober 1945.

Perundingan itu terjadi atas inisiasi Ketua Komite Nasional Indonesia, Pimpinan Barisan Rakyat, dan Barisan Keamanan Rakyat (BKR), yang mengutus beberapa wakilnya ke Solo. Delegasi ini menemui Komandan Kempetai Surakarta, Kapten Sato.

Delegasi dari Indonesia ini meminta agar Jepang segera menyerahkan kekuasaannya. Dalam perundingan itu, Kempeitai setuju untuk menyerah dengan syarat penyerahan dilakukan di Tampir, Boyolali. Saat itu, Tampir, Boyolali, memang menjadi pertahanan Jepang.

Keinginan Jepang pun membuat Pimpinan Barisan Rakyat dan Badan Keamanan Rakyat tak puas dan tetap menginginkan penyerahan senjata dilakukan di Surakarta. Barisan Rakyat dan Badan Keamanan Rakyat merupakan para pemuda pejuang yang revolusioner. Mereka memiliki sikap yang keras dalam pendiriannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eks-Peta dan Heiho

Banyak anggota pasukannya yang berasal dari eks PETA dan Heiho, yakni dua kelompok atau prajurit militer yang dibentuk Jepang. Sikap Kempeitai pun membuat mereka marah.

Mereka akhirnya nekat menyerbu markas Kempeitai pada malam hari. Penyerbuan itu mengejutkan pihak Jepang yang kalang kabut meladeni pertempuran para pejuang Solo.

Pertempuran yang berlangsung semalaman itu membuat Jepang menyerah pada pagi harinya, 13 Oktober 1945. Dalam pertempuran sengit tersebut, seorang pemuda bernama Arifin gugur dan beberapa lainnya luka-luka.

Pengorbanan Arifin yang gigih bertempur di depan markas Kempeitai pun membuahkan hasil. Oleh teman-teman Arifin, tentara Jepang yang kalah dalam pertempuran tersebut dilucuti senjatanya.

Mereka juga digiring masuk ke penjara Surakarta. Tak lama berselang, pasukan Jepang yang kalah pun dibawa ke Tampir, Boyolali, untuk menghindari aksi balas dendam rakyat Solo. Penyerahan pasukan Jepang yang menyerah pada 13 Oktober 1945 itu menandai berakhirnya kekuasaan Jepang di kawasan Solo.

Kemenangan Solo atas Jepang tentu karena perjuangan para pemuda Solo, termasuk sosok Arifin yang pemberani. Hal ini lah yang kemudian membuat namanya diabadikan menjadi salah satu nama jalan di Solo, yakni Jalan Arifin.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.