Sukses

Kunjungan Wisata Kota Bandung Capai 2,2 Juta Orang, Hotel Nyaris Penuh Tiap Akhir Pekan

Tingginya kunjungan wisata diyakini dapat meningkatkan perekonomian dan menambah pendapatan daerah.

Liputan6.com, Bandung - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kota Bandung mencatat, hingga pertengahan tahun 2023 ini jumlah kunjungan wisata ke Kota Bandung dinilai tinggi. Kondisi ini diharapkan bisa memicu pertumbuhan ekonomi Kota Bandung khususnya dalam sektor pariwisata.

Berdasarkan data yang dirilis Disparbud Kota Bandung, sampai bulan Juni 2023 tercatat sebanyak 2.252.966 wisatawan berkunjung ke Kota Bandung. Sebelumnya, pada triwulan pertama 2023, jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai sekitar 1.422.673 wisatawan.

Kepala Disbudpar Kota Bandung, Arief Syaifudin mengatakan, pada setiap akhir pekan, okupansi hotel bahkan rata-rata hingga 90 persen.

“Sekarang saat weekend, apalagi long weekend, Kota Bandung selalu dipadati wisatawan,” kata Arief dalam keterangannya di Bandung, Senin, 31 Juli 2023.

Arif menambahkan, kunjungan wisatawan ke Kota Bandung sejauh ini masih didominasi jalur darat dan kebanyakan pelancong adalah wisatawan domestik.

“Kunjungan wisatawan masih didominasi jalur darat. Jadi, masih tetap dikuasai oleh domestik, walaupun mulai banyak juga wisatawan dari luar pulau, misalnya dari pulau atau provinsi lain,” katanya.

Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan, berbagai acara yang telah dan akan digelar di Kota Bandung dapat meningkatkan sektor pariwisata dan mendatangkan banyak wisatawan. Menurutnya, hal itu tersebut dapat meningkatkan perekonomian dan menambah pendapatan daerah.

"Saya yakin tentunya berbagai event yang digelar di Kota Bandung dapat meningkatkan okupansi hotel dan membawa gairah ekonomi dan pariwisata," kata Ema di Balai Kota Bandung, Senin, 31 Juli 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pariwisata Kabupaten Bandung

Tak hanya Kota Bandung, pariwisata di Kabupaten Bandung juga diakui mengalami lonjakan. Peningkatan kunjungan bahkan disebut mencapai 300 persen, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan data kunjungan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung, pada 2020 tercatat jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung sebanyak 2.072.697 wisatawan, sedangkan pada tahun 2021 mencapai 3.880.600 wisatawan.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan secara signifikan tampak terlihat sampai akhir tahun 2022. Kabupaten Bandung menerima 6.550.563 wisatawan, terdiri dari 6.548 815 wisatawan domestik dan 1.748 wisatawan mancanegara.

"Apabila merujuk pada data kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung, terdapat peningkatan yang signifikan dari tahun 2020 sampai dengan akhir 2022 sampai dengan sekitar 300 persen," kata Bupati Bandung, Dadang Supriatna, dalam keterangan pers di Bandung dikutip Liputan6.com, Minggu, 30 Juli 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini