Sukses

1 Agustus Hari Kanker Paru-Paru Sedunia, Mulai Hidup Sehat dengan Cara Ini

Kanker paru-paru adalah salah satu bentuk kanker yang paling mematikan dan prevalensinya terus meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye meningkatkan kesadaran tentang penyakit paru-paru semakin massiv. Bahkan, setiap tanggal 1 Agustus diperingati sebagai hari Kanker Paru-paru Sedunia.

Setiap tanggal 1 Agustus, sejumlah elemen masyarakat dunia bersatu kampanye bahaya kanker paru-paru. Banyak masyarakat yang mendukung para penderita dan keluarga mereka yang terkena dampaknya. 

Kanker paru-paru adalah salah satu bentuk kanker yang paling mematikan dan prevalensinya terus meningkat. 

Paru-paru adalah organ vital dalam sistem pernapasan manusia yang memainkan peran krusial dalam mempertahankan kehidupan. 

Menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk memastikan fungsi pernapasan yang optimal dan kualitas hidup yang baik. 

Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru:

Berhenti Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab utama penyakit paru-paru seperti kanker paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Berhenti merokok atau menghindari paparan asap rokok dapat mencegah kerusakan paru-paru.

Hindari Paparan Polusi Udara

Upayakan untuk mengurangi paparan polusi udara, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Gunakan masker saat berada di lingkungan berpolusi dan pastikan ventilasi udara yang baik di dalam ruangan.

Rajin Berolahraga

Olahraga dapat membantu memperkuat otot-otot pernapasan, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan meningkatkan efisiensi pernapasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paru-Paru Sehat

Jaga Kebersihan Lingkungan

Hindari zat-zat berbahaya dan bahan kimia yang dapat merusak paru-paru. Pastikan lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja bebas dari asap dan bahan beracun.

Lakukan Tes Rutin

Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, terutama jika ada gejala pernapasan yang mencurigakan. Tes skrining paru-paru dapat membantu mendeteksi masalah sejak dini.

Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang seimbang dengan asupan makanan kaya antioksidan, vitamin, dan mineral dapat mendukung kesehatan paru-paru.

Cegah ISP

Terapkan langkah-langkah pencegahan infeksi, seperti mencuci tangan dengan benar, memakai masker saat sakit, dan menghindari keramaian jika ada wabah penyakit pernapasan. Langkah tersebut untuk mencegah terjadinya infeksi saluran pernafasan (ISP).

Ingatlah bahwa menjaga kesehatan paru-paru adalah bagian penting dari menjaga kesehatan keseluruhan tubuh. 

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat dan menghindari faktor risiko, kita dapat memberikan perhatian yang lebih baik pada kesehatan paru-paru dan mengurangi risiko terkena penyakit paru-paru yang serius.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.