Sukses

Hari Raya Galungan 2023, Makna dan Ucapannya dalam Bahasa Bali

Pada 2023 ini peringatan Hari Raya Galungan dirayakan sebanyak dua kali.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Galungan merupakan hari besar keagamaan yang dinanti-nantikan oleh umat Hindu di seluruh Indonesia. Hari raya ini dirayakan setiap 6 bulan sekali atau setiap 210 hari sekali dengan mengunakan perhitungan kalender Bali.

Pada 2023 ini, peringatan Hari Raya Galungan dirayakan sebanyak dua kali, pertama pada 4 Januari lalu, dan yang kedua pada hari ini Rabu 2 Agustus dan nantinya ditutup dengan perayaan Hari Raya Kuningan pada Sabtu, 12 Agustus 2023 mendatang.

Hari Raya Galungan memiliki makna sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Kata Galungan berasal dari bahasa Jawa kuno yang berarti bertarung. Galungan juga biasa disebut dengan dungulan yang artinya menang.

Meski terdapat perbedaan penyebutan Wuku Galungan di Jawa maupun Wuku Dungulan di Bali, keduanya memiliki arti yang sama yaitu wuku yang artinya kesebelas.

Saat Hari Raya Galungan, masyarakat Hindu juga melakukan berbagai tradisi untuk menyambut Galungan. Salah satunya adalah pemasangan penjor di tepi jalan.

 

 
2 dari 2 halaman

Ucapan Hari Raya Galungan

Berikut ucapan hari Galungan dalam bahasa Bali dan artinya dalam bahasa Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber dan pastinya cocok dikirim kepada teman dan saudara yang merayakannya.

1.Sinarengan ke sari, ke sari galungan (Semoga hari ini menjadi hari yang sempurna, hari Galungan).

2. Rahajeng Rahina Galungan Ian Kuningan ida dane sareng sami, pamekasnyane umat sedharma (Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan kepada kita semua, khususnya umat Hindu).

3.Rahajeng nyanggra rahina Galungan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa suaeca Asung Kertha Wara Nugraha ring semeton sareng sami (Selamat menyambut Hari Suci Galungan, semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa memberikan rahmat dan anugerah kepada kita semua).

4. Rahajeng nyanggra rahina Galungan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa suaeca Asung Kertha Wara Nugraha ring semeton sareng sami (Selamat menyambut Hari Suci Galungan, semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa memberikan rahmat dan anugerah kepada kita semua).

5. Rahajeng nyanggra rahine Galungan (Selamat menyambut Hari Suci Galungan).

6. Rahajeng Rahina Galungan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring sekancan sane maurip (Selamat Hari Suci Galungan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua mahluk hidup)

7. Rahajeng nyanggra rahinan jagat, Galungan lan Kuningan. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa mapaica kerahajengan lan kerahayuan (Selamat hari raya umat, Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan keselamatan dan kesejahteraan)

8. Om Rahayu Bagia, rahajeng Rahinan Galungan lan Kuningan, dumogi sareng sami ngamolihang bagia lan rahayu (Ya Tuhan, semoga sejahtera dan bahagia, selamat Hari Galungan dan Kuningan, semoga semua umat memperoleh kebahagiaan dan kesejahteraan.

Video Terkini