Sukses

Berikut Syarat dan Cara Mendaftar Kartu Prakerja 2023

Berikut tata cara mendaftar Kartu Prakerja yang disadur dari kemnaker.go.id.

Liputan6.com, Jakarta - Program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja terkena PHK, dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi atau yang dikenal degan Kartu Prakerja hingga kini masih menjadi program yang masih berlanjut bagi masyarakat Indonesia.

Bagi kamu yang berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun, program ini bisa menjadi salah satu program yang tidak ada salahnya untuk kamu coba karena memperoleh segudang manfaat seperti saldo bantuan pelatihan, insentif biaya mencari kerja, serta insentif pengisian survei evaluasi.

Dilansir dari website resmi prakerja.go.id berikut syarat-syarat yang harus Anda penuhi untuk mendaftar Kartu Prakerja 2023:

  1. WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja atau buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  4. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi atau Komisaris atau Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  5. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

 

2 dari 2 halaman

Tata Cara Daftar

Apabila Anda memuhi semua persyarat di atas, berikut tata cara mendaftar Kartu Prakerja yang disadur dari kemnaker.go.id

  1. Pertama, calon peserta atau pendaftar wajib mendaftarkan diri dan membuat akun Prakerja di situs www.prakerja.go.id.
  2. Buat akun dengan memasukkan alamat email dan password.
  3. Verifikasi KTP dan KK dengan memasukkan 16 digit NIK, 16 digit KK dan tanggal lahir kamu
  4. Isi data diri kamu
  5. Unggah foto e-KTP
  6. Scan wajah dengan cara mengedipkan mata
  7. Jawab pertanyaan tentang alasan mengikuti Kartu Prakerja
  8. Isi pertanyaan mengenai pelatihan yang diminati dan keterampilan.
  9. Verifikasi nomor HP kamu yang masih aktif
  10. Isi pernyataan pendaftar sesuai kondisi kamu.
  11. Ikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD)
  12. Setelah itu, peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan di platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, termasuk SIAPkerja

Perlu diketahui, pada tahun 2023, Program Kartu Prakerja menargetkan 1 juta penerima. Anggaran sebesar Rp2,67 triliun akan dialokasikan untuk 595 ribu peserta dan sisa target 405 ribu peserta menggunakan tambahan anggaran sebesar Rp1,7 triliun yang akan diajukan oleh pemerintah.

Video Terkini