Sukses

Deretan Peristiwa Penting di Indonesia dan Dunia pada 6 Agustus

Tak hanya peristiwa sejarah, 6 Agustus juga dihiasi peristiwa kelahiran, kematian, dan kejadian nahas.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ada beberapa peristiwa dan sejarah penting yang terjadi pada 6 Agustus. Hingga kini, peristiwa-peristiwa tersebut masih dikenang oleh masyarakat sebagai bagian dari sejarah.

Tak hanya peristiwa sejarah, 6 Agustus juga dihiasi peristiwa kelahiran, kematian, dan kejadian nahas. Mengutip dari berbagai sumber, berikut deretan peristiwa penting 6 Agustus:

1. Lahirnya Sri Sultan Hamengkubuwana I

Raja pertama Kasultanan Yogyakarta, Raden Mas Sujana, lahir 6 Agustus 1717. Ia lahir di Kasunanan Kartasura, Hindia-Belanda, yang kini dikenal sebagai Indonesia. 

Setelah dewasa, Raden Mas Sujana menyandang gelar Pangeran Mangkubumi. Raden Mas Sujana kemudian dikenal luas sebagai raja pertama di Kasultanan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengkubuwana I di masa kepemimpinan 1755-1792.

2. Wafatnya WS Rendra

Sastrawan WS Rendra meninggal pada 6 Agustus 2009. Willibrordus Surendra Broto Rendra atau yang lebih populer dengan nama WS Rendra adalah seorang sastrawan, penyair, dramawan, pemeran, dan sutradara yang dijuluki Burung Merak.

Sejak muda, Rendra telah menulis puisi, skenario drama, cerpen, dan esai sastra di berbagai media massa. Pada 1967, Rendra mendirikan Bengkel Teater di Yogyakarta.

Melalui Bengkel Teater itu, Rendra melahirkan banyak seniman, di antaranya Sitok Srengenge, Radhar Panca Dahana, Adi Kurdi, dan masih banyak lagi. Ketika kelompok teaternya kocar-kacir karena tekanan politik, ia memindahkan Bengkel Teater ke Depok pada Oktober 1985.

 

SImak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Web Pertama Dibuat

3. Situs web pertama dibuat

Pada 6 Agustus 1991, Berners-Lee bersama timnya merilis berkas-berkas yang menerangkan idenya mengenai World Wide Web (www). Berners-Lee kemudian menerbitkan situs web pertamanya dengan alamat http://info.cern.ch.

Situs tersebut berisi panduan online pertama tentang cara membuat web. Berners-Lee juga membuat penjelasan web sekaligus cara menggunakannya.

4. Serangan bom atom Amerika Serikat ke Hiroshima

Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Kota Hiroshima, Jepang, pada 6 Agustus 1945. Masa itu merupakan masa tahap akhir dari Perang Dunia II. 

Dalam Perjanjian Quebec, AS menjatuhkan bom atas persetujuan Britania Raya. Adapun bom yang dijatuhkan adalah bom atom uranium jenis bedil (Little Boy). Tiga hari kemudian, tepatnya pada 9 Agustus, AS kembali menjatuhkan bom plutonium jenis implosi (Fat Man) di Nagasaki.

5. Kecelakaan Pesawat Korean Air 801

Korean Air Penerbangan 801 (KE801, KAL801) jatuh pada 6 Agustus 1997 di Bandara Internasional Antonio B Won Pat, Guam (sebuah wilayah pulau Amerika Serikat). Kecelakaan tersebut menewaskan sekitar 229 dari 254 penumpang.

Penerbangan 801 biasanya diterbangkan oleh pesawat Airbus A300, tetapi Korean Air menjadwalkan penerbangan 801 pada 5 dan 6 Agustus menggunakan pesawat Boeing 747-300. Pesawat itu mengangkut atlet Guam ke Pesta Olahraga Mini Pasifik Selatan di Samoa Amerika.

Adapun pesawat yang digunakan pada saat kecelakaan adalah pesawat beregistrasi HL7468, sebuah Boeing 747-300. Pesawat tersebut dikirim ke Korean Air pada 12 Desember 1984.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.