Sukses

Jogja Exotarium, Mini Zoo dengan Kura-Kura Sulcata dan Iguana Albino Berharga Fantastis

Wahana wisata Yogyakarta ini memang bertujuan untuk mengembangbiakkan satwa.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ada satu lagi destinasi wisata edukasi di Yogyakarta yang bisa dikunjungi oleh semua kalangan, yaitu Jogja Exotarium. Destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Magelang KM.8, Desa Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, ini merupakan sebuah mini zoo.

Saat berkunjung ke sini, wisatawan bisa bertemu dan mengenal jenis-jenis satwa yang ada. Wahana wisata Yogyakarta ini memang bertujuan untuk mengembangbiakkan satwa.

Mengutip dari laman jogjaexotarium.com, berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di sini, seperti menikmati mini zoo, belajar budidaya hewan dan tanaman langsung dari ahlinya, hingga aktivitas outdoor bagi penyuka tantangan. Berbagai jenis reptil hingga mamalia pun bisa dilihat di sini.

Salah satu satwa yang ada di Jogja Exotarium adalah kura-kura sulcata. Kura-kura sulcata juga disebut African spurred tortoise.

Kura-kura ini mendiami pinggir selatan Gurun Sahara, Afrika Utara. Spesies kura-kura daratan terbesar ketiga di dunia ini merupakan satu-satunya spesies dalam genus Centrochelys.

Selain kura-kura sulcata, ada juga iguana albino yang berharga fantastis. Reptil ini memiliki ciri spesial berupa warna kuning cerah menyala seperti warna stabilo dengan mata berwarna merah.

Selain melihat aktivitas satwa, pengunjung juga bisa memberi makan kepada hewan-hewan yang ada. Namun, sebaiknya tidak memberikan sembarang makanan karena makanan khusus telah disediakan oleh pengelola.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Jogja Exotarium dengan menaiki perahu bebek. Dengan mengayuh perahu bebek, pengunjung dapat berkeliling di danau dan menikmati keindahan sekitar. Perahu bebek tersebut bisa digunakan sendiri atau bersama teman maupun pasangan.

Bukan itu saja, wahana lain yang wajib dicoba adalah wahana panahan. Dengan wahana panahan, pengunjung bisa sekaligus melatih fokus sesuai target.

Aktivitas lain yang bisa dicoba di Jogja Exotrium adalah wisata tunggang kuda. Lokasi yang sangat luas memungkinkan pengunjung untuk berkeliling sambil menunggang kuda sesuai dengan rute yang telah ditentukan. Jika pengunjung belum pernah menunggang kuda, pihak pengelola telah menyiapkan pendamping atau petugas yang bisa membantu para pemula ini.

Jogja Exotarium bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata lengkap untuk keluarga. Tak hanya berlibur, pengunjung juga bisa menambah wawasan saat berkunjung ke sini. Tempat ini buka pada hari biasa pukul 08.30-16.30 WIB dan hari libur pada pukul 08.30-17.00 WIB.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini