Sukses

Dalkarhutla Dishut Atasi Kebakaran Forest City Kawasan Pemrov Kalsel di Banjarbaru

Regu Brigade Pengendalian Karhutla Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel dengan sigap berupaya menjinakkan api yang melumat hutan kota tersebut.

Liputan6.com, Banjarbaru Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di kawasan Forest City yang berada di perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarbaru, Senin tanggal 21 Agustus 2023. Regu Brigade Pengendalian Karhutla Dinas Kehutanan (Dishut) Prov Kalsel dengan sigap berupaya menjinakkan api yang melumat hutan kota tersebut.

Tim Brigdal karhulta gabungan Dishut sempat kesulitan mengendalikan api yang makin membesar akibat cuaca panas dan hembusan angin yang sangat kencang. Lokasi titik api yang sulit dijangkau serta jauhnya sumber air juga membuat petugas sempat kewalahan.

Kepala Dinas Kehutanan Prov Kalsel, Fathimatuzzahra ikut memantau titik-titik api dikawasan Forest City tersebut. Kehadirannya di lokasi sekaligus mengambil komando untuk memberikan koordinasi dan semangat dalam penanggulangan kebakaran yang belum diketahui asal mulai api itu.

"Cuaca yang sangat terik tidak menghalangi pergerakkan kami dalam pemadaman api, kami selalu waspada dan siaga terhadap terjadinya karhutla dan berupaya memadamkan kejadian kebakaran yang terjadi di kawasan hutan," kata Fathimatuzzahra, Senin (21/8/2023). 

Ia juga memberikan arahan kepada semua pegawai, Polisi Kehutanan dan pejabat eselon Dishut untuk juga turun membantu pemadaman api kali ini. Pemadaman dilakukan dengan penyemprotan air dari truk tangki milik Dishut Kalsel.

Armada truk tangki BPBD Prov Kalsel, truk tangki Dinas Sosial Provinsi Kalsel turut terlibat memadamkan api. Sekitar 170 orang berjibaku melawan api yang terjadi sejak siang sekitar pukul 12.00 Wota hingga 16.15 Wita. 

Para petugas juga memanfaatkan peralatan seadanya seperti menggunakan ranting pohon. Di antara mereka juga terpaksa terjun memadamkan meski masih menggunakan pakaian dinas berwarna cokelat. 

Tim regu dalkalhutla tetap disiagakan untuk mencegah kejadian kebakaran di kawasan hutan. Ini juga merupakan kesatuan dari tim satgas karhutla Prov Kalsel yang diakomodir melalui BPBD Kalsel.Â