Sukses

Terungkap, Alasan Mahasiswa Asing Belajar Penuh di Indonesia

Ribuan mahasiswa asal luar negeri, memilih kuliah di Indonesia. Lingkungan yang tenang, cocok untuk menimba ilmu, serta dosen yang profesional, dinilai menjadi daya tarik bagi para mahasiswa ekspatriat tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Ribuan mahasiswa asal luar negeri, memilih untuk menimba ilmu dengan berkuliah di Indonesia. Lingkungan yang tenang, cocok untuk menimba ilmu, serta dosen yang profesional, dinilai menjadi daya tarik mahasiswa ekspatriat tersebut.

Mahasiswa-mahasiswa asing tersebut tersebar di berbagai perguruan tinggi swasta lainnya yang berlokasi di Tangerang, Banten, Provinsi DKI Jakarta, DI Yogyakarta dan Malang di Jawa Timur.

Tercatat, di Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang, dari 4 ribu mahasiswa baru, 51 mahasiswa di antaranya berasal dari luar negeri.

"Mereka berasal dari mancanegara termasuk Korea Selatan, Amerika, Syria, Timor Leste, India, Myanmar, Sri Lanka, Kamboja, Kenya, Uganda, Filipina, dan China," ungkap Rektor UPH, Jonathan L. Parapak, Kamis (24/8/2023).

Sementara itu sisanya berasal dari dalam negeri dari Sabang sampai Merauke. Diantara para mahasiswa baru, terdapat 1.076 mahasiswa penerima beasiswa dan 34 mahasiwa internasional juga menerima beasiswa tersebut.

Penyambutan mahasiswa baru tersebut diawali dengan pelantikan secara simbolis yang dipimpin oleh Rektor UPH. Acara ini diselenggarakan secara serentak di UPH Kampus Lippo Village-Karawaci, Jakarta, Surabaya, dan Medan. 

Dalam kesempatan ini, Jonathan berpesan kepada mahasiswa baru untuk menikmati perjalanan pendidikan mereka di kampus, yang akan membekali mereka menjadi agen transformasi.

“Kami dengan gembira menyambut para mahasiswa baru, kalian akan mengalami perubahan melalui proses pendidikan yang holistik dan transformatif. Kami berdoa dan berharap bahwa seluruh rangkaian acara pelatihan, pendampingan, dan perayaan dalam UPH Festival 2023 akan menjadi langkah awal bagi perjalanan kalian menjadi pemimpin transformasional yang unggul,” katanya.

Guna menyambut ribuan mahasiswa baru tersebut, diadakan UPH Festival mengadakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menginspirasi para mahasiswa, termasuk seminar ‘Distinguished Guest Speaker’ yang menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno, dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH), Stephanie Riady memberikan pesan dan motivasi kepada seluruh mahasiswa baru. Termasuk, mahasiswa harus mencari peluang dan pengalaman untuk pemgembangan diri.

"Pertama, fokuslah pada pengembangan diri dengan memperluas wawasan tentang dunia luar. Lalu, kedua, manfaatkan setiap peluang untuk memperoleh pengalaman dan pengetahuan. Ketiga, kembangkan karakter, sehingga mampu berinovasi dan memberikan dampak positif pada dunia. Nikmatilah masa kuliah dalam perjalanan menjadi pemimpin transformatif di bidang keilmuan masing-masing," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.