Sukses

3 Fakta Hujan Buatan yang Menarik untuk Disimak

Hujan buatan tersebut dibuat melalui penerapan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Liputan6.com, Yogyakarta - Wilayah Jabodetabek diguyur hujan pada Minggu (27/08/2023) malam. Hujan tersebut merupakan hujan buatan untuk mengurangi polusi udara di wilayah Jabodetabek terkhusus di Jakarta.

Hujan buatan tersebut dibuat melalui penerapan teknologi modifikasi cuaca (TMC). Dikutip dari berbagai sumber, berikut fakta hujan buatan yang menarik untuk disimak.

1. Apa Itu Hujan Buatan?

Hujan buatan merupakan istilah yang dikenal untuk upaya penyemaian awan. Pengertian hujan buatan menurut BPPT adalah suatu bentuk upaya manusia untuk memodifikasi kondisi cuaca dengan tujuan tertentu agar mendapatkan kondisi cuaca seperti yang diinginkan.

Hujan buatan tidak dapat diartikan sebagai pekerjaan membuat hujan secara langsung. Sebab, teknologi jenis ini merupakan upaya untuk meningkatkan dan mempercepat terjadinya hujan, sehingga hujan buatan merupakan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

2. Proses Pembuatan Hujan

Proses pembuatan hujan buatan atau modifikasi cuaca dilakukan dengan penyemaian awan atau cloud seeding. Penyemaian awan dapat dilakukan dengan menaburkan bahan-bahan kimia tertentu yang bersifat menyerap air.

Bahan kimia yang bisa digunakan seperti zat glasiogenik, dan zat higroskopis antara lain berupa urea, NaCl, dan CaCl2. Penaburan bahan kimia ini dilakukan menggunakan pesawat pada ketinggian 4.000–7.000.

Bahan-bahan kimia tersebut akan memengaruhi awan untuk melakukan proses kondensasi, sehingga akan terbentuk awan yang lebih besar. Beberapa jam setelah bahan kimia ditaburkan, selanjutnya bubuk urea akan ditaburkan secara merata di awan.

Bubuk urea berfungsi untuk membantu awan terbentuk lebih besar dengan cara menggabungkan awan-awan kecil berwarna abu-abu. Setelah awan hujan terbentuk dengan sempurna, bahan kimia kembali ditaburkan pada awan tersebut dalam bentuk larutan khusus.

Larutan ini berfungsi agar awan membentuk butiran air dengan ukuran lebih besar. Jika berhasil, dalam beberapa saat awan yang sudah terbentuk dengan campuran larutan khusus akan menurunkan hujan.

3. Manfaat Hujan Buatan

Hujan buatan dikatakan dapat mengatasi beberapa masalah yang terjadi di masyarakat. Beberapa manfaat hujan buatan antara lain, mengatasi kekeringan, mengatasi karhutla, mengisi ketersediaan air, hingga mengurangi polusi udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini