Sukses

Cegah Abrasi Pantai Manggar Baru, PAMA Berikan Bantuan Tyre Scrap untuk Warga

Salah satu upaya untuk membantu menanggulangi abrasi pantai dengan menggunakan barang bekas dari perusahaan seperti yang dilakukan PT PAMA yang memberikan Tyre scrap ke sejumlah RT di wilayah Manggar Baru, Balikpapan.

Liputan6.com, Balikpapan - Kepedulian terhadap lingkungan nelayan dan membantu masyarakat di sekitar pantai ditunjukkan PT Pamapersada Nusantara Balikpapan Operation (PAMA BPOP) dengan Program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang Lingkungan. Beberapa kali perusahaan telah banyak memberikan bantuan untuk menanggulangi abrasi pantai di kawasan Balikpapan Timur tersebut.

Chief BPOP Expert PAMA Sulasman menjelaskan, salah satu bentuk kepedulian perusahaan dalam menjaga lingkungan khususnya pantai nelayan adalah dengan memberikan bantuan berupa tyre scrap yang dapat dimanfaatkan sebagai media penahan abrasi ombak. Bantuan tyre scrap tersebut sudah dimulai sejak tahun 2018 lalu. Sebagai media penahan abrasi di pantai.

“Untuk kali ini bantuan tyre scrap oleh PAMA diberikan kepada RT 8 dan RT 11 Kelurahan Manggar Baru, Balikpapan Timur,” ungkap Sulasman didampingi CSR Officer Aziz Kusuma Aji.

Penyerahan bantuan diterima langsung oleh ketua RT didampingi Lurah Manggar Baru Kosasih dan Bhabinkamtibmas Ahmad. Bantuan media penahan abrasi ini lanjut Sulasman, tetap akan terus berkelanjutan. Sesuai dengan output tyre scrap dari Tyre Retread Production Department PT PAMA BPOP.

Apalagi dalam prosesnya tyre scrap semakin dirasakan manfaatnya untuk bisa mengurangi proses abrasi di pantai. Sekaligus dapat juga dimanfaatkan sebagai perlengkapan prasarana wisata pantai Manggar Baru.

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian PT PAMA juga terhadap lingkungan sekitar Pantai Nelayan di Manggar Baru, dan wujud dukungan terhadap pengembangan kelompok sadar wisata (pokdarwis),” sebut Sulasman.

Untuk diketahui, bantuan tyre scrap kali ini berjumlah 13 unit. Dengan komposisi 10 unit tyre truck trailer ukuran 12.0R24 dan 3 unit tyre grader ukuran 23.5R25. “Harapannya bisa dimanfaatkan oleh pokdarwis sebagai media penahan abrasi ombak pantai,” ucap Sulasman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.