Sukses

Suga BTS Bakal Wamil Mulai 22 September sebagai Pekerja Layanan Publik, Apa Itu?

Suga BTS wamil mulai pada 22 September 2023 dan berakhir pada Juni 2025.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menyusul Jin dan J-Hope, Suga bakal jadi member BTS selanjutnya yang akan menjalani wajib militer (wamil). Berbeda dengan dua member sebelumnya, Suga akan menjalani wamil sebagai pekerja layanan publik.

Mengutip dari berbagai sumber, umumnya para pria di Korea Selatan harus menjalani wamil mulai di usia 18-30 tahun. Terdapat dua jenis wamil yang akan dijalani, yakni active duty (tentara aktif) dan public service (pekerja layanan publik).

Beberapa masalah kesehatan memungkinkan seorang warga negara Korea Selatan untuk ditempatkan sebagai pekerja layanan publik. Umumnya, pemeriksaan fisik untuk tentara aktif harus memenuhi syarat kesehatan yang hasilnya berada di tingkat 1-3.

Durasi wamil bagi tentara aktif dan pekerja layanan publik pun berbeda. Tentara aktif umumnya diwajibkan menjalani wamil selama 18 bulan, sedangkan pekerja layanan publik wajib menjalani wamil dengan durasi yang lebih lama yakni sekitar 21 bulan.

Sementara itu, berdasarkan riwayat kesehatan Suga BTS, maka dipastikan ia akan menjalani wamil sebagai pekerja layanan publik. Hal ini lantaran Suga pernah memiliki riwayat cedera bahu karena kecelakaan saat bekerja sampingan menjadi pengantar makanan (delivery man) pada 2012.

Hingga 2019, Suga mengaku selalu menahan rasa sakit pada bagian bahunya. Kecelakaan tersebut mengakibatkan Suga mengalami posterior labral tear atau robekan labral posterior pada bahu kirinya. Alhasil, tulang rawan atau labrum di sekitar sendi bahunya robek.

Karena kondisinya semakin parah, Suga pun menjalani operasi bahu pada November 2020. Riwayat ini lah yang membuat pria bernama asli Min Yoongi ini ditempatkan sebagai pekerja layanan publik saat wamil.

Selain Suga, beberapa idol Kpop dan aktor lain juga menjalani wamil sebagai pekerja layanan publik, di antaranya Kim Jong Kook, Jung Il Woo, Lee Min Ho, T.O.P BIGBANG, Lee Joon, Kyuhyun Super Junior, Jang Geun Suk, hingga Baekhyun dan Kai EXO.

Sementara itu, melalui pernyataan resmi, agensi BIGHIT MUSIC mengimbau agar para penggemar tidak mengunjungi Suga BTS di tempat kerjanya saat menjalani wamil. Adapun Suga BTS wamil mulai pada 22 September 2023 dan berakhir pada Juni 2025.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini