Sukses

Sudah Bisa Diunduh, Ini Fitur Baru dan Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17

Mode tersebut dapat mengubah layar iPhone menjadi smart display saat diisi daya dalam posisi lanskap.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bersamaan dengan peluncuran seri iPhone 15, Apple juga resmi mengumumkan kehadiran iOS 17. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple ini memiliki beberapa fitur baru yang belum ada di versi sebelumnya.

Mengutip dari berbagai sumber, beberapa fitur baru pada iOS 17 adalah StandBy, Contact Posters, NameDrop, Swipe to Reply di iMessage, Apple Maps Offline, Stickers Drawer, AI Pada Keyboard, hingga Hey Siri yang disederhanakan menjadi Siri. Pada fitur StandBy, pengguna dapat menggunakan StandBy mode atau modus StandBy.

Mode tersebut dapat mengubah layar iPhone menjadi smart display saat diisi daya dalam posisi lanskap. Pengguna dapat melihat berbagai informasi, widget, dan foto favorit di layar saat proses pengisian baterai.

Selanjutnya, fitur Contact Posters dapat digunakan untuk membuat tampilan kontak lebih personal. Pengguna dapat membuat mengustom Contact Poster dengan menggunakan foto atau Memoji, font, dan warna latar belakang yang diinginkan.

Adapun untuk fitur NameDrop memungkinkan pengguna untuk membagikan informasi kontak dengan hanya mendekatkan iPhone mereka. Kedua pengguna dapat memilih secara spesifik untuk membagikan nomor ponsel ataupun alamat email.

Pada fitur Swipe to Reply di iMessage, pengguna akan lebih mudah membalas pesan di iMessage. Dengan hanya men-swipe kotak chat ke kanan, pengguna sudah bisa membalas chat. Fitur ini merupakan sebuah pengembangan setelah sebelumnya pengguna harus menekan atau menahan kotak chat untuk memunculkan opsi reply chat.

Untuk fitur Apple Maps Offline, pengguna dapat mengunduh area peta digital secara spesifik dan mengakses navigasinya, waktu tempuh, mencari tempat spesifik, dan lainnya. Fitur ini dapat digunakan meski iPhone sedang dalam mode offline.

Fitur selanjutnya pada iOS 17 adalah Stickers Drawer. Pada fitur ini, iOS 17 memperkenalkan tab stiker atau drawer baru, sehingga pengguna dapat mengakses semua stiker, termasuk live stiker, emoji, memoji, dan paket stiker iMessage.

Apple juga membuat perkembangan pada bagian keyboard dengan membawa teknologi AI. Pengguna bisa mengoreksi secara otomatis kata atau kalimat yang akan dikirimkan.

Fitur lainnya pada iOS 17 adalah penyederhanaan perintah suara Hey Siri menjadi Siri. Hal ini membuat pengguna lebih mudah untuk melakukan perintah suara pada perangkan iPhone.

Sementara itu, iOS 17 sudah bisa diunduh sejak 18 September 2023. Selain seri iPhone 15, sejumlah iPhone lawas juga masih bisa menikmati beberapa fitur terbaru dari iOS 17, di antaranya iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, dan iPhone SE (2nd generation atau terbaru).

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.