Sukses

Cerita Ketua RT Tentang Nur Utami, Selebgram Tersangka TPPU Jaringan Narkoba Fredy Pratama

Selebgram Nur Utami diketahui menjadi istri salah satu kaki tangan Fredy Pratama di Sulawesi Selatan.

Liputan6.com, Makassar - Bareskim Polri telah menetapkan Nur Utami sebagai tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dari kasus gembong narkoba Fredy Pratama pada Sabtu (16/9/2023). Selebgram asal Makassar itu diketahui menjadi istri NN alias S, orang yang dipercaya Fredy Pratama mengatur peredaran narkoba di Sulawesi. 

Nur Utami diketahui tinggal Komplek Hartaco Permai, Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Faizal, ketua RT setempat menceritakan bahwa Nur Utami dikenal sebagai orang yang dermawan kepada warga di sekitar tempatnya tinggal. 

"Orangnya baik. Sering bagikan sarung untuk warga," kata Faizal, kepada wartawan, Selasa (19/9/2023). 

Faizal menjelaskan bahwa Nur Utami dan keluarganya memang tinggal di Komplek Hartaco Permai sejak kecil. Ia memiliki dua rumah dan mengontrak satu rumah lainnya di kawasan perumahan tersebut. 

"Dia (Nur Utami) sudah kontrak kurang lebih lima tahun. Dekat dari rumah kontrakannya itu ada rumah orangtuanya," sebutnya. 

Faizal yang juga merupakan anggota Polantas Polda Sulsel mengaku sifat Nur Utami berubah sejak ia menikah dengan suaminya NN alias S. Suami Nur Utami tersebut belakangan diketahui menjadi kaki tangan gembong narkoba yang dijuluki sebagai Pablo Escobar-nya Indonesia itu. 

"Dia sosok baik, sebelum nikah dan sering sosialisasi. Setelah menikah tertutup," ungkapnya. 

Apalagi, lanjut Faizal, setelah menikah Nur Utami diketahui ikut suaminya tinggal di Malaysia. Setiap kali ia pulang ke Makassar, Nur Utami bahkan terkesan menghindari untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar. 

"Dulu kan kita masih sering ketemu dan negur kalau lewat. Pada saat dia sudah menikah, dan tinggal di Malaysia itu sudah jarang. kalau pun datang dia paling di mobil tertutup," Faizal menceritakan.

 

 

2 dari 3 halaman

Nur Utami Ditangkap di Pesta Pernikahan

Faizal pun mengaku kaget saat mendengar Nur Utami ditangkap polisi. Selain itu ia juga tak menyangka bahwa suami Nur Utami terlibat kasus narkoba, pasalnya selama ini NN alias S dikenal sebagai seorang pengusaha dan kerja di perusahaan tambang. 

"Kami dulu tanya, suaminya kerja di tambang di Kalimantan dan ada usaha di Malaysia," ucapnya. 

Faizal menyebutkan, dari informasi yang dia terima, Nur Utami ditangkap saat ia sedang berada di pesta pernikahan adiknya beberapa waktu lalu. 

"Baru-baru ini kan ada adeknya menikah. Di situ katanya dia ditangkap. Tapi saya tidak dikasih tahu soal penangkapan," ungkapnya. 

3 dari 3 halaman

Polisi Sita 3 Mobil Milik Nur Utami

Sehari sebelum Nur Utami ditetapkan sebagai tersangka, Faizal mengaku sempat didatangi oleh pihak kepolisian dan meminta dirinya untuk menyaksikan proses penggeledahan yang berlangsung pada Jumat (15/9/2023) sekitar pukul 09.00 Wita itu. 

"Sekitar jam 9, hari Jumat. Ada tiga rumah termasuk rumah orang tuanya. Jadi pagi itu, kami didatangi dari Mabes tentang ada kegiatan gini-gini. Saya sebagai Ketua RT diminta untuk menyaksikan penggeledahan, katanya ada TPPU," kata Faizal kepada wartawan, Selasa (19/9/2023). 

Faizal yang juga merupakan anggota Polantas Polda Sulsel ini mengaku melihat Bareskim Polri menyita sejumlah barang dari rumah milik Nur Utami. Di antaranya adalah tiga unit mobil mewah. 

"Saya lihat ada tiga mobil dan. Alphard dan dua HRV," sebutnya. 

Saat penggeledahan berlangsung, Faizal memastikan bahwa keluarga Nur Utami masih tinggal di rumah tersebut. Hingga saat ini keluarga-keluarga Nur Utami pun masih mendiami rumah tersebut. 

"Orangtuanya masih tinggal disitu sampai sekarang," akunya. 

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

Â