Sukses

Kenali 3H Kebutuhan Transformasi Bisnis Pascapandemi

Kapasitas sumberdaya manusia menjadi kunci agar bisnis bisa bertahan dan berkembang

 

Liputan6.com, Semarang - Pandemi Covid 19 mengubah lanskap bisnis di seluruh dunia. Karena belum pernah terjadi sebelumnya, maka diperlukan Human Capital yang handal untuk menangani persoalan tersebut. Itu artinya tantangan dan peluang yang hadir juga semakin besar.

Sebuah lembaga pemeringkat bisnis menggelar apresiasi untuk melihat transformasi yang dilakukan berbagai perusahaan. 

Penyelenggaraan Indonesia Human Capital Bussines Award 2023 diikuti perusahaan yang berprestasi membangun dan mentransformasikan Human Capital.

Menurut Sifa Rickewine, ketua penyelenggara, penghargaan diawali dengan penjaringan peserta. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan dan data pendukung lainnya.

"Hasilnya ada lebih dari ang 100 perusahaan yang masuk nominasi. Kemudian terjaring 25 finalis yang kami undang untuk menghadiri proses penjurian,” kata Sifa Rickewine, Ketua Penyelenggara IHCBA 2023.

Mulai dari penjaringan, pengisian kuesioner, penjurian dan rapat pleno dewan juri dilakukan secara ketat. Dari proses itu 25 perusahaan finalis tersebut adalah perusahaan yang benar-benar melakukan transformasi human capital untuk menyesuaikan dengan budaya kerja yang tiba-tiba berubah.

Harry Fajar, Dewan Panelis IHCB menyebut panduan human capital terdiri dari 3H. Adalah  Heart, Head dan Hand.

"Eksekusi tiap perusahaan bisa berbeda-beda. Setiap jenis perusahaan akan menerapkan dengan cara yang berlainan. Bahkan, untuk perusahaan sejenis pun, kadang dalam penerapannya tidak selalu sama persis. Harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi tiap perusahaan," kata Harry.

Dengan kondisi tersebut penjurian menjadi rumit karena harus membandingkan hal yang berbeda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan

PT Pos Indonesia (Persero) meraih 8 penghargaan Indonesia Human Capital Brilliance Awards (IHCBA) 2023.

Dengan jaringan yang sangat besar, manajemen Pos Indonesia harus mengelola human capital dengan baik. Pos Indonesia mengimplementasikan human capital. Tujuannya bisnis Pos Indonesia semakin meningkat. 

Penghargaan tersebut masing-masing Most Brilliant Vision and Mission of The Year 2023, Most Brilliant Strategic Alignment 2023, Most Brilliant Leadership Quality 2023, Most Brilliant Company Agility 2023, Most Brilliant Strategic Communication 2023, Most Brilliant Human Capital of Year yang diraih Tonggo Marbun selaku Direktur Human Capital Pos Indonesia, CEO of Year 2023 for Brilliant Human Capital yang diraih Faizal Rochmad Djoemadi selaku Direktur Utama Pos Indonesia, serta kategori tertinggi dalam ajang ini, Most Brilliant Overall Pillar of Human Capital Drivers 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini