Sukses

Referensi 6 Warung Sate Maranggi Terenak di Kabupaten Purwakarta

Bekunjung ke Kabupaten Purwakarta, tak apdal rasanya kalau belum mencicipi Sate Maranggi. Berikut beberapa warung yang direferensikan

Liputan6.com, Purwakarta - Kabupaten Purwakarta, merupakan salah satu daerah kecil di Jawa Barat yang ternyata memilik ragam kuliner khas yang melegenda. Sebut saja di antaranya, produk kue Simping, Semprong dan Sate Maranggi.

Membahas Sate Maranggi, mungkin tak banyak yang tahu jika di daerah kecil yang diapit dua kota besar itu banyak rumah makan dengan sajian kuliner khas itu.

Bahkan, pedagang Sate Maranggi ini bisa dijumpai di hampir seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta. Misalnya, di sepanjang Jalan Raya Bungursari, Plered, serta Jalan Raya Purwakarta-Wanayasa.

Liputan6.com, mencoba merangkum beberapa warung makan Sate Maranggi terenak yang lokasinya cukup strategis. Selain itu, ada juga yang lokasinya tak jauh dari pusat pemerintahan Purwakarta. Soal tempat, juga cukup representatif.

Rumah makan yang akan dibahas kali ini, merupakan yang paling terfavorit dan indikator bisa terlihat dari jumlah pengunjungnya yang kerap membludak terutama saat akhir pekan.

Berikut ini daftar 6 warung Sate Maranggi yang rekomended banget.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Sate Maranggi Maskar Ajiib

Untuk warung makan sate maranggi Maskar Ajiib, lokasinya persis di jantung kota atau beberapa meter saja dari kantor Pemkab Purwakarta dan alun-alun Pasanggrahan Padjadjaran.

Sesuai namanya, Sate Maranggi di rumah makan ini bagi sebagian kalangan merupakan yang terajib di Kabupaten Purwakarta. Tekstur Sate Maranggi di sini cukup empuk, gurih, dan harganya juga realatif terjangkau.

Bukan hanya Sate Maranggi, di rumah makan ini juga tersedia menu lain yang tak kalah ciamik. Salah satunya, ada sop balungan atau tulang sapi yang dalamnya bisa disruput. Dijamin deh bikin nambah. Selain itu, acar dan sayurannya juga paling juara. Apalagi kalau dicampur dengan kecap yang khas racikan di warung ini.

2. Sate Maranggi Bah Use

Rumah makan yang satu ini, lokasinya memang sedikit terpencil, yakni di Desa Cihuni, Kecamatan Pasawahan atau beberapa kilometer dari kantor Pemkab Purwakarta.

Tapi jangan salah, meski lokasinya cukup jauh dari jalan utama Purwakarta-Wanayasa, rumah makan ini kerap disesaki pengunjung. Bahkan, sate maranggi ini sangat terkenal di kalangan backpacker. Tak heran, warung sate Bah Use juga dikenal dengan sebutan sate maranggi backpacker.

Bagaimana rasa dari Sate Maranggi di rumah makan Bah Use? Pastinya, tidak akan mengecewakan. Rasanya, gurih manis dengan tekstur dagingnya yang empuk. Makan di sini akan terasa nikmat karena nasi yang dihidangkannya pun masih hangat. Sehingga bisa menambah kenikmatan makan para pengunjungnya.

3. Sate Maranggi Haji Oking

Warung makan Haji Oking, konon merupakan sosok penjual Sate Maranggi tertua di sekitaran wilayah Kecamatan Wanayasa. Haji Oking punya citarasa tersendiri untuk dagangannya.

Bahkan, cara meracik bumbu untuk Sate Maranggi di sini cukup unik, yaitu menggunakan air dari gula merah. Supaya tekstur dagingnya empuk. Adapun Sate Maranggi di sini, lebih dominan berbahan dasar daging kambing muda yang empuk.

Selama ini, warung makan Haji Oking kerap disesaki pengunjung. Bahkan, Haji Oking sudah memiliki langganan tetap dari kalangan pejabat dan artis ibukota yang kerap datang setiap akhir pekan.

 

3 dari 3 halaman

4. Sate Maranggi Pareang

Siapa sih yang tak kenal dengan warung Sate Maranggi yang satu ini. Salah satu rumah makan Sate Maranggi di sekitar Kecamatan Kiarapedes ini, konon sudah berdiri sejak 1970 lalu.

Bagi pengunjung lama, Sate Maranggi Pareang ini terkenal dengan originalitasnya. Rasa Sate Maranggi di sini juga sangat khas. Selain sate maranggi di warung ini ada juga menu lainnya, yaitu bakakak ayam kampung dan karedok.

5. Sate Maranggi Ibu Erna Pasar Rebo

Nah, untuk warung sate maranggi yang ini paling setia tatkala malam menyapa. Sajian sate maranggi Bu Erna, itu tidak terlalu manis serta tak memakai ketumbar dalam racikan bumbunya.

Selain itu, di warung makan ini ada dua pilihan Sate Maranggi. Yakni, ada dari daging sapi dan juga kambing. Selain itu, ada sop dagingnya juga.

6. Sate Maranggi Haji Yetti

Kalau rumah makan Sate Maranggi yang satu ini, jelas sudah sangat populer. Bukan hanya dari kalangan masyarakat lokal, ketenarannya juga terdengan hingga luar daerah, bahkan sudah go Internasional.

Menurut data kunjungan di dinas terkait, setiap akhir pekan ribuan pengunjung sepertinya datang ke rumah makan yang lokasinya cukup strategis itu. Yakni, di area perkebunan jati di Kecamatan Bungursari, atau tak jauh dari Gerbang Tol Cikopo.

Itulah beberapa rumah makan dengan menu Sate Maranggi yang terfavorit di Kabupaten Purwakarta. Mau coba, yuks mampir. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.