Sukses

Kakanwil Kemenkumham Babel: Pelayanan yang Baik Bukan Tanpa Pengaduan

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Sosialisasi Penanganan Pengaduan Masyarakat di Balai Pengayoman Kantor Wilayah, Senin (30/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta Guna meningkatkan pelayanan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Sosialisasi Penanganan Pengaduan Masyarakat di Balai Pengayoman Kantor Wilayah, Senin (30/10/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Babel Harun Sulianto meminta agar survei dan layanan pengaduan masyarakat harus dikelola dengan baik.

Menurutnya, pelayanan yang baik itu bukan tanpa pengaduan. Melainkan menindaklanjuti pengaduan tersebut, sebagai sarana instropeksi dan perbaikan layanan.

"Pelayanan yang baik bukan tidak ada pengaduan, tetapi bagaimana pengaduan tersebut ditindak lanjuti dengan baik," ucap Harun, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/10/2023).

Harun juga meminta jajarannnya untuk selalu menjunjung tinggi etika, integritas dan moral serta menerapkan pola hidup sederhana. Sehingga dalam bekerja dapat menghadari prilaku korupsi. 

Hal Senada juga dikatakan Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Muslim Alibar dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Babel yang berintegritas guna mewujudkan pelayanan yang baik .

“Penanganan laporan pengaduan adalah sebagai upaya dalam pengungkapan pelanggaran yang tidak sesuai dengan standar etika dan hukum,” ujar Muslim.

Sementara itu Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan (Babel) Shulby Yozar Ariadhy mengatakan, jika tata kelola pemerintahan yang baik merupakan upaya pencegahan korupsi.

"Pengelolaan pengaduan adalah bagian yang tidak terpisahkan, bahkan merupakan ruh dari pelayanan publik. Tidak ada layanan publik berkualitas tanpa pengaduan," pungkas Shulby.

Video Terkini