Sukses

Ferik Trianda Wakili Sumbar di Ajang Pemuda Pelopor

Pemuda Pelopor merupakan bagian dari pengembangan kepeloporan yang bertujuan untuk mencari solusi dan mencari masalah terkait anak muda pada saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ferik Trianda, pemuda asal Kota Padang berhasil mewakili Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk ajang Pemuda Pelopor di tingkat nasional Tahun 2023, setelah ia berhasil melewati seleksi dari tingkat kota (Padang) hingga provinsi beberapa waktu lalu.

Ferik yang juga dikenal sebagai Co. Founder Talkactive ini mewakili Sumbar setelah meraih peringkat pertama Bidang Kepeloporan Pendidikan.

"Alhamdulillah saya mendapatkan amanah dari masyarakat Sumbar untuk mengusung semangat perubahan dalam dunia pendidikan. Hal ini akan saya perjuangkan secara total pada tingkat nasional," ujar Ferik, pada Rabu (1/11/2023).

Di samping itu, Ferik juga mengungkapkan bahwa pendidikan di Indonesia selain mengikuti aturan pendidikan formal, juga tidak boleh melupakan pentingnya soft skill sebagai penunjang kapabilitas pribadi anak-anak bangsa.

"Saat ini sudah ada pengembangan pelatihan soft skill bagi calon penerus bangsa, di tiap sekolah. Namun, masih butuh didorong lagi agar kemampuan ini bisa menjadi penunjang kemampuan anak anak bangsa dalam berkembang," jelas Ferik.

Lebih lanjut, Ferik mengungkapkan ia sudah membuktikan perannya dalam mengupayakan perubahan dalam pendidikan, khususnya dengan merintis Talkactive, sebuah platform dalam belajar softskill bagi anak muda dan profesional.

"Saya dan teman-teman dari Talkactive juga bercita-cita untuk mengenalkan program pelatihan komunikasi itu sangat menyenangkan. Hal ini karena mahir berkomunikasi itu bisa terjadi karena sering dilatih, dipelajari, bukan karena bakat bawaan dari lahir, ini semangat yang terus tim talkactive usung," tambah Ferik.

Perlu diketahui, tiga Pemenang Lomba Seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Kota Padang Tahun 2023 di antaranya, Peringkat I Bidang Inovasi Teknologi oleh Rahmat Fajri, Peringkat I Bidang Kepeloporan Pendidikan oleh Ferik Trianda Putra serta Peringkat I Bidang Kepeloporan Sosial dan Budaya oleh Rahmat Hidayat.

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mengapresiasi pemuda dalam segala bidang. Salah satunya, Kemenpora kembali lakukan ajang pemilihan untuk Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2023.

Pemuda Pelopor merupakan bagian dari pengembangan kepeloporan yang bertujuan untuk mencari solusi dan mencari masalah terkait anak muda pada saat ini. Salah satu yang termasuk kedalam kegiatan pemuda pelopor yaitu apresiasi dan penghargaan kepada para pemuda yang bergerak pada bidang kepeloporan.

Pemilihan Pemuda Pelopor ini merupakan termasuk ke dalam ajang tahunan yang sudah rutin dilaksanakan oleh pihak Kemenpora. Perwakilan yang telah terpilih dari berbagai daerah, akan dibawa untuk pemilihan tingkat Nasional.

 
Video Terkini