Sukses

Puluhan Kucing Gemoy Ikuti Sendawar Beauty Cat Show 2023

Pecinta kucing mendapat kesempatan mamerkan kucing piarannya untuk menjadi yang terbaik di Sendawar Beauty Cat Show 2023 dalam rangkaian kegiatan Festival Dahau 2023.

Liputan6.com, Kutai Barat - Puluhan kucing-kucing gemoy mengikuti kontes kucing pada Sendawar Beauty Cat Show 2023, di Lamin Tonyoi, Taman Budaya Sendawar, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Sabtu (28/10/2023). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Festival Dahau 2023.

Asisten III Pemerintah Kabupaten Kutai Barat bidang Asisten Administrasi Umum, Sahadi menjelaskan, kontes kucing dalam rangkaian Perayaan Dahau 2023 adalah yang pertama kali. Kontes itu bertujuan untuk mengenalkan sekaligus promosi Dinas Pertanian Kutai Barat.

“Perlombaan ini merupakan kegiatan perdana. Tujuannya untuk mengenalkan dan promosi untuk Dinas Pertanian. Promosi ini bukan hanya mempromosikan kegiatan yang ada di kantor, tapi juga promosi kegiatan lain di luar aktivitas kantor,” sebutnya.

Kontes tersebut diikuti sebanyak 71 ekor kucing. Beberapa kategori yang dilombakan adalah ekor panjang, fashion show, kesehatan dan kucing ras dewasa hingga anak-anak dan juga kucing domestik.

Kriteria penilaian para kucing peserta lomba yaitu kesehatan umum yang meliputi mata, telinga, hidung, gigi dan gusi, kulit dan bulu, berat dan otot. Kemudian tempramen yang meliputi kewaspadaan, kelembutan, penenangan dan kepribadian, dan perawatan yang meliputi kesehatan cakar, berenang, terawatt rapi dan kerontokan berlebihan.

Acara yang terselenggara untuk memeriahkan Festival Dahau 2023 ini adalah sebagai wujud kepedulian terhadap pemeliharaaan kucing-kucing yang ada di rumah-rumah masyarakat, khususnya komunitas atau para penyuka kucing.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai tempat untuk bertukar informasi dan menambah pengetahuan tentang pemeliharaan kucing yang baik, bersih dan sehat.  Diharapkan kegiatan serupa dapat digelar setiap festival Dahau di Kubar.

“Kemeriahan dahau kali ini memang diluar dugaan. Masyarakat antusias mengikuti beragam lomba dan kegiatan yang ada. Salah satunya kontes kucing ini, tidak disangka pesertanya cukup banyak dan meriah,” imbuhnya.

Yopansius, salah satu peserta yang mendaftarkan anabul miliknya membenarkan jika Festival Dahau 2023 kali ini terasa berbeda dari sebelumnya. Kontes kucing yang masuk dalam agenda Dahau 2023 memberi semangat baru bagi para pecinta kucing.

Kontes kucing alias Cat Show merupakan ajang yang sangat menyenangkan dan membanggakan bagi pemilik kucing. Bagi kami tentu ini sangat meriah sekali,” katanya.

Kontes kucing ini diikuti oleh berbagai kalangan seperti para pembiak kucing rumahan atau peternak yang telah mahir (cattery), serta para penyayang kucing secara umum.

“Festival Dahau 2023 ini seperti memberi ruang baru bagi kami yang selama ini cukup sulit mencari perlombaan serupa,” katanya.

2 dari 2 halaman

Populasi Kucing

Kepala Dinas Pertanian Kutai Barat S Alexander Samson menyebutkan bahwa perlombaan Beauty Cat Show 2023 menjadi perhatian Dinas Pertanian Kutai Barat. Karena populasi kucing menunjukan perkembangan yang luar biasa.

Berdasarkan data dari  Bidang Peternakan, pada tahun 2023  jumlah populasi kucing mencapai 15.322 ekor.

“Kucing menjadi perhatian bagi kami yang merupakan salah satu hewan yang dekat dengan kehidupan masyarakat. Karena melalui kucing, ada beberapa penyakit yang bisa menular kepada manusia seperi scabie, kudis atau kurap,” ungkapnya.

Hal itu menunjukkan  perbandingan populasi penduduk yang ada di Kutai Barat yang berjumlah 125 Ribu Jiwa,  berarti populasi setiap 9 orang mempunyai satu ekor kucing belum termasuk dengan kucing liar.