Sukses

Tim Semar Proto UGM Sabet Juara 1 dan 2 Kontes Mobil Hemat Energi 2023

Kontes Mobil Hemat Energi tahun ini menghasilkan pemenang dari kota Yogyakarta tepatnya Tim Semar Proto UGM. Tim ini juara satu dan juara dua untuk dua kategori.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tim Semar Proto UGM dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023 berhasil menjadi juara 1 untuk kategori Prototipe Motor Listrik dan Juara 2 Urban Gasoline di EPrix Circuit Ancol Jakarta pada 30 Oktober hingga 3 November 2023. Perwakilan dari Bidang Pengelolaan Kompetisi Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan, Zaenudin mengatakan tim Semar Proto UGM mengirim sebanyak 25 orang untuk mengikuti lomba dengan jumlah 60 tim dengan total 600 peserta dari 42 perguruan tinggi di Indonesia.

“Tim Semar mengikuti dua kategori yakni kategori prototipe motor listrik dan kategori urban gasoline,” kata Zaenudin dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (8/10/2023).

Zaenudin  mengatakan Tim Proto UGM memilih dua kategori karena sesuai dengan jenis mobil yang tengah dikembangkan. 

“Jenis prototipe  mobil yang diriset dan dirancang tim Semar selama ini memang fokus pada Proto Listrik dan Urban Gasoline,” ujarnya.

Mengikuti lomba ini, tim Semar Proto UGM sengaja menggabungkan tim senior dengan junior. Penempatan tim junior ini harapannya dapat menjadi pengalaman baru bagi mahasiswa yang baru bergabung dalam pengembangan mobil hemat energi. 

“Tim ini selalu melakukan regenerasi dimana tiap kepengurusan akan ada anggota senior yg merupakan tim inti yg sebelumnya sudah pernah mengikuti lomba-lomba sebelumnya. Disamping itu anggota yunior yang merupakan anggota baru yang tugasnya membantu dan belajar sehingga di tahun yang akan datang siap untuk menjadi tim inti,” jelasnya.

Menurutnya para mahasiswa dalam mengikuti lomba ini tidak hanya menang kompetisi, tetapi dapat menambah pengalaman dan pengetahuan teknis substantif terkait keilmuan dan pengembangan teknologi. Sampai pengalaman administratif aplikatif seperti pengalaman kepemimpinan dan organisasi, pengalaman komunikasi dan kolaborasi.

“Disamping juga pengalaman berinteraksi dengan mahasiswa-mahasiswa seluruh Indonesia yang menjadi peserta lomba,”katanya denganbangga Tim Semar Proto UGM.