Sukses

Profil Winger Jerman U-17 Paris Brunner, Pemain Terbaik Piala Dunia U-17 Peraih Golden Ball

Di partai puncak melawan Prancis U-17, Paris Brunner membuka gol Timnas Jerman U-17 lebih dulu lewat titik putih pada menit 29.

Liputan6.com, Yogyakarta - Winger Jerman U-17 Paris Brunner dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Dunia U-17 2023. Ia meraih penghargaan FIFA Golden Ball atas penampilan kosistennya selama turnamen berlangsung.

Paris Brunner berkontribusi besar atas keberhasilan Jerman U-17 meraih gelar juara Piala Dunia U-17 2023, usai menaklukan Prancis U-17 lewat adu penalti 2-2 (4-3) di Stadion Manahan Solo, Sabtu (2/12/2023). Sepanjang gelaran berlangsung, mulai dari fase grup hingga partai puncak, ia mencatatkan lima gol.

Di partai puncak melawan Prancis U-17, Paris Brunner membuka gol Timnas Jerman U-17 lebih dulu lewat titik putih pada menit 29. Lalu gol kedua dicetak Noah Darvich menit 51. Sementara gol balasan Prancis dicetak Saimon Bouabre (53') dan Mathis Amougou (85').

Jemarn U-17 sempat terdesak saat gelandangnya Winners Mark Osawe diusir ke luar lapangan oleh wasit setelah diganjar kartu kuning kedua pada menit 69. Padahal saat itu tim berjuluk Die Manschaft tersebut tengah unggul 2-1.

Tampil dengan 10 pemain, mereka pun dipaksa bermain lebih bertahan. Namun pada menit 85 Prancis berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Mathis Amougou.

"Saya merasa bersyukur dan senang bisa membantu tim ini memenangkan Piala Dunia U-17. Saya cinta dengan tim saya. Kemenangan ini saya persembahkan untuk warga Jerman dan orang tua saya. Saya menyukainya (penghargaan ini). Menjadi pemain terbaik? tentu saya tidak menyangka. Saya merupakan pemain terbaik di kejuaraan Eropa dan saya juga ingin memenangkan gelar serupa di turnamen ini. Saya berhasil melakukannya," tukasnya. " kata Paris Brunner.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Borussia Dortmund U-19

Pemain dengan nama lengkap Paris Josua Brunner itu lahir pada 15 Februari 2006. Dia merupakan pemain binaan Eintracht Dortmund Youth pada 20217 silam. Tim itu kini bermain di Kreisliga A Dortmund, atau kasta paling bawa Liga Jerman.

Belum genap setahun, Brunner hijrah ke ke Rot-Weiss Essen Youth yang bermain di divisi ketiga Liga Jerman. Berselang dua tahun, ia bergabung dengan VfL Bochum Youth.

Berkat kemampuannya yang terus meningkat, pemain dengan kewarganegaraan Jerman-Kongo itu pun diboyong Borussia Dortmund pada 2020.

Tampil bersama Die Borussen, pemain dengan postur 186 sentimeter itu bersinar dengan mencetak sembilan gol dari 15 pertandingan yang dilakoninya pada musim musim 2021/2022.

Semusim berselang, Brunner menunjukkan kehebatannya dengan tampil di Liga U-19 meski balum genap 17 tahun pada musim 2022/2023. Ia sampai saat ini bermain di Bundesliga U-19 bersama Dortmund.

 

3 dari 3 halaman

Bawa Jerman U-17 Juara Euro U-17 dan Piala Dunia U-17

Berkat prestasi dan kemampuannya, Brunner mendapat panggilan dari Timnas Jerman U-17 untuk Kualifikasi Piala Eropa U-17. Ia pun menjawabnya dengan membawa Die Mannschaft Junior lolos ke Piala Eropa U-17 2023 di Hungaria bulan Mei lalu.

Dalam turnamen itu, Brunner sukses meraih gelar top skor dengan mengemas empat gol. Hasil itu membuat Jerman U-17 juara Piala Eropa U-17 setelah membungkam perlawanan Prancis U-17 lewat adu penalti 0-0 (5-4).

Pada Piala Dunia U-17, Brunner juga menunjukkan kehebatannya. Momennya saat mencetak gol semata wayang pada laga melawan Spanyol di babak perempat final.

Hingga partai final, Brunner berhasil menunjukkan bahwa dirinya layak untuk menjadi pemain terbaik. Ia mencetak gol pembuka dan membuat Jerman juara Piala Dunia U-17.

(Taufiq Syarifudin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.